About these ads

Tanya: Kucing saya suka gak mau makan, malahan kadang2 muntah2. Tapi sehabis itu dia sembuh. Setelah sembuh, dia malah sakit lagi. Kira2 dia kenapa ya?

Trus apa aja yah gejala2 kucing yang sakit dan hampir mendekati 'kematian'?

Thx.


Jawaban dari Irfan : di minumin susu aja ntar sembuh kug. . . tapi kmu hrus paksa minumnya. . . klo gk dipaksa gak bakalan mau kucingnya. . .


Jawaban dari Yuni S : biasanya kucingnya bersin2 trus badannya hangat. kemudian dia bawaannya tidur aza.


Jawaban dari Shierin : coba bawa kucing nya ke dokter..


Jawaban dari Bonekz : Biasanya sih kucing kalau dah mau sakit itu :
1. Gak mau makan
2. Maunya lebih banyak bobok
3. Matanya sayu
4. Males kalau mo diajak main.

Kalau yang sampai mendekati kematian, biasanya si kucing itu bakal sering bermanja ria ke kita ( yang rasanya agak berlebihan ) truz si pus juga bakal pamitan kok ke kita kalau dia mo mati ( aku dah pernah soale )


Jawaban dari ariz : biasanya lesu kagak ada gairah, untuk mengeluarkan suara aja oga, harus banyak diberi perhatian


Jawaban dari doank_pollanzky_5770175 : klo kucing gw sakit biasanya mrk cuma diem, ga mw makan, ga mw minum, mulutnya bau, badannya kurus krontang, dipantatnya da cacing...
plg itu ciri2nya...
btw, gw ksh tw klo kucing lo cacingan cpt2 ksh obat cacing tp dosisnya jgn byk2...
takaran bwt anak bayi aja...
coz klo ga cpt2 dsembuhin bs mninggalkn dunia fana kucing lo...


Jawaban dari soeharsosh : Tanda-Tanda kucing terserang calicivirus
Penyakit ini berkembang secara cepat dan tiba-tiba. Kucing yang tadinya terlihat sehat bisa saja besoknya terlihat lesu dan sakit.

Tanda-tanda kucing sakit yang umum berupa bersin (tidak sebanyak Feline Rhinotracheitis), batuk, pilek, cairan berlebih dari mata dan hidung. Luka (ulkus) seperti sariawan pada hidung, mulut, lidah atau bibir yang menyebabkan kucing tidak mau makan karena kesakitan saat mengunyah makanan. Kadang-kadang ulkus juga terjadi di sela-sela cakar. Demam tinggi, sulit bernafas akibat radang paru-paru (pneumonia)

Penanganan kucing sakit
Konsultasikan penanganan dan obat yang tepat dengan dokter hewan anda. Isolasi kucing yang sakit, jauhkan dari kucing lain, sebaiknya ditempatkan di ruangan yang terpisah aliran udaranya dari kucing lain yang sehat. Beri makanan yang lunak, suapi bila kucing tidak mau makan. Beri nutrisi yang baik, bersihkan kotoran pada mata dan hidung. Pemberian antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Pada kasus penyakit yang berat diperlukan rawat inap dan infus.

Pencegahan
Satu-satunya cara pencegahan adalah vaksinasi kucing secara teratur setiap tahun. Meskipun tidak 100 % melindungi kucing dari penyakit, kucing yang sudah divaksinasi mempunyai kemungkinan sembuh yang lebih tinggi dan cepat.

Tanda-Tanda kucing terserang calicivirus
Penyakit ini berkembang secara cepat dan tiba-tiba. Kucing yang tadinya terlihat sehat bisa saja besoknya terlihat lesu dan sakit.

Tanda-tanda kucing sakit yang umum berupa bersin (tidak sebanyak Feline Rhinotracheitis), batuk, pilek, cairan berlebih dari mata dan hidung. Luka (ulkus) seperti sariawan pada hidung, mulut, lidah atau bibir yang menyebabkan kucing tidak mau makan karena kesakitan saat mengunyah makanan. Kadang-kadang ulkus juga terjadi di sela-sela cakar. Demam tinggi, sulit bernafas akibat radang paru-paru (pneumonia)

Penanganan kucing sakit
Konsultasikan penanganan dan obat yang tepat dengan dokter hewan anda. Isolasi kucing yang sakit, jauhkan dari kucing lain, sebaiknya ditempatkan di ruangan yang terpisah aliran udaranya dari kucing lain yang sehat. Beri makanan yang lunak, suapi bila kucing tidak mau makan. Beri nutrisi yang baik, bersihkan kotoran pada mata dan hidung. Pemberian antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Pada kasus penyakit yang berat diperlukan rawat inap dan infus.

Pencegahan
Satu-satunya cara pencegahan adalah vaksinasi kucing secara teratur setiap tahun. Meskipun tidak 100 % melindungi kucing dari penyakit, kucing yang sudah divaksinasi mempunyai kemungkinan sembuh yang lebih tinggi dan cepat.

----
Selain itu:


SAKIT MATA
Sakit mata adalah bentuk dari peradangan atau adanya infeksi pada mata, yaitu jaringan yang menempel pada kelopak mata dan bola mata dekat kornea. Sakit mata bisa terjadi pada kucing manapun baik tua ataupun muda, dan sering terjadi pada bayi-bayi kucing yang tidak terurus. Sakit mata ini terjadi karena alergi seperti serbuk, debu, dan sebagainya, dan juga dari penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

GEJALA & TANDA

Gejala sakit mata ini sangat banyak dan tergantung dari penyebabnya. Pada umumnya sakit mata pada kucing membuat mata menjadi merah, bengkak, dan muncul banyak sekali kotoran mata. Kotoran mata ini disebabkan oleh edema atau cairan yang terbentuk dalam jumlah besar, dan meningkatnya jumlah peredaran darah diantara jaringan mata. Mata yang sakit selain basah juga memperlihatkan mata tidak bersinar dan lebam.

Biasanya bila sakit mata karena bakteri dan jamur, kotoran dimata ini akan berwarna kuning hingga kehijauan. Kelopak mata juga akan menutup karena kotoran tersebut, sehingga kadang anda yang baru membersihkan mata kucing 2 jam kemudian mata sudah tertutup rapat lagi dan sulit dibuka karena mengeras. Bila tidak segera anda bersihkan lagi, mata yang tertutup karena kotoran tersebut bisa membuat sel darah putih yang melawan penyakit menjadi nanah dan bisa memperparah sakit mata.

Sakit mata karena alergi, berbeda gejalanya dengan sakit mata karena bakteri dan teman-temannya. Sakit mata karena alergi gejalanya adalah mata akan selalu berair dan merah.

Apapun penyebabnya, sakit mata pada kucing akan membuat kelopak mata kucing yang ketiga selalu menutupi bola matanya. Sakit mata sama seperti kalau kita sakit mata, kucing akan merasakan ketidaknyamanan pada matanya, demam, membuat kucing selalu menggaruk-garuk atau mengusap-usapkan matanya, dan rasa sakit yang bila parah bisa sangat sakit.

Sakit mata bukanlah penyakit yang bisa membahayakan nyawa kucing. Dan bisa saya katakan sangat membahayakan kalau sakit mata ini karena penyakit seperti yang disebabkan oleh virus. Virus hanya menyerang pada mereka yang memiliki ketahanan tubuh yang buruk dan tidak cukup, dan supaya kucing tidak terkena virus, lakukan pemberian makanan yang baik sehingga kekebalan alami tubuhnya kuat. Kekebalan tubuh alami saj


Jawaban dari Lelo S : sebaiknya dibawa ke dokter hewan


Jawaban Terbaik "Apa Aja Yah Gejala2 Kucing Sakit? " dimiliki oleh Ve

Aduh jangan ngomong soal mati dong say. Jangan nyerah gitu lah...

Aku bukan dokter hewan jadi ga bisa berikan jawaban akurat, tapi 1 hal yg jelas, kucingmu memang sakit. Karena kalau enggak, dia ga akan bolak balik muntah. Kucing yg sehat nafsu makannya pasti baik. Kucingku usianya 13 tahun, makannya kaki ayam 15 biji sehari. Padahal udah tua. Sehat kan! hahaha

Untuk solusimu, kalau kamu serius mau merawat, saran terbaik aku, bawa ke dokter.

Kalau kamu tinggal di jakarta, kamu bawa aja ke dokter hewan di RS. Hewan Ragunan. Di sana pelayanannya komplit, lengkap dan profesional. Untuk ukuran RS hewan, menurut saya cukup baik karena ditunjang fasilitas memadai. Coba datangi saja. Nomernya 0217891093 / 0217891094. Kucingku yg umurnya 13 tahun itu kalo sakit / suntik rabies, dan perawatan lainnya dibawa ke sana.

Tiap tahun selalu aku bawa untuk imunisasi macam2. Ini penting untuk menangkal penyakit yg bisa membahayakan kucing.

Kalau kamu ada di luar jakarta, bisa coba kontak dokter hewan di





Semoga membantu ya.

Gudluck!

Apa Aja Yah Gejala2 Kucing Sakit?
About these ads