Tanya: nanti dapat 10 bintang loh dari Y!answer hihihi


Jawaban dari Rendy : - bersihkan kandang 2x dlm sminggu (kalo pake kandang)
- bersihkan tempat makan&minum stiap 2 hari (stiap hari bagus/stiap hbs mkn dicuci lbih bagus), kalo gw make sabun cair antiseptik hehehe kyk dettol gitu soalnya ampuh ngebasmi kuman, bakteri, virus
- tempat boker harus BERSIH! ganti tempatnya 2x dlm sminggu, bersihin make sabun cair
- kalo pasir tempat boker&pipisnya bau/basah kan sayang dibuang, mending dibershin dikit2, diaduk jgn sampe pasir ngegumpal, trus dijemur aja ditempat panas biar ngebakar kuman&bakteri
- jgn lupa vaksinasi ke dokter kucing ini HARUS! krn dngan cara ini kondisi ksehatan kucing bisa ktauan
- ngasi makan jgn yg berminyak karna bulu bisa rontok kalo bisa yg direbus
- kalo ngasi susu jgn lbih dari 1cm dari tmpt minumnya krn kalo susu ga cocok dia bisa mencret2 dan lemes, kasian kan
- ngasi mkn jgn berlebihan krn kalo ga habis kan sayang, makanan kucing ga murah, mkn 3x sehari asalkan takarannya 2x sendok makan
- kalo muka/badannya udah kliatan kusam baru deh ke salon kucing hohohoho

alhamdulillah kucing gw udah 10 tahun gw pelihara dia sehat, dirumah ada 3 kucing ^.^


Jawaban Terbaik "Bagaimana Cara Merawat Kucing Agar Tidak Sakit? " dimiliki oleh dilbar

Menjaga Kucing anda tetap sehat
Anda tentu ingin terus menjaga kucing kesayangan anda agar tetap sehat dan lucu, tapi bisa jadi anda bingung perawatn apa yang mereka butuhkan untuk tetap sehat? nah, artikel berikut akan memberi anda sedikit gambaran tentang bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan kucing anda.

Grooming

Ide yang sangat baik untuk mulai menggrooming kucing anda sejak masih kecil, terutama jika kucing anda berjenis bulu panjang. Kucing berbulu panjang memerlukan perhatian ekstra setiap harinya agar bulu-bulunya selalu tampil cantik, rapid an tidak kusut. Grooming dapat menghilangkan kelebihan bulu yang rontok yang dapat termakan oleh mereka dan masuk ke dalam perut. Menyisir dan menggosok akan membantu menghilangkan bulu-bulu ini dan biasanya kegiatan ini sangat di sukai oleh kucing. Grooming juga memberi anda kesempatan untuk dapat terus memperhatikan keadaan kesehatan kucing anda dan membangun hubungan yang lebih erat antara anda dan kucing anda. Bersikap lah lembut dan jadikanlah kegiatan Grooming sebagai pengalaman yang menyenangkan dan membahagiakan.

Vaksinasi

Untuk mencegah dan melindungi kucing anda dari berbagai infeksi enteritis feline dan influenza feline, anak kucing sebaiknya di vaksinasi. Injeksi pertama biasanya di berikan pada usia 8-9 minggu dan yang kedua ketika berumur 12 minggu. Kucing sebaiknya di jauhkan dari kucing-kucing lain dan tetap berada di dalam ruangan selama 10 hari setelah injeksi kedua untuk memastikan perlindungan yang maksimum.

Untuk meningkatkan tingkat perlindungan, pada kucing dewasa di butuhkan regular booster ( biasanya sekali setiap 1-3 tahun ). Dokter hewan anda akan memberi penjelasan mengenai program vaksinasi tersebut dan segala resiko yang berhubungan dengan berbagai gejala penyakit di sekitar anda. Di perkotaan, di mana tingkat densitas kucing tinggi, resiko infeksi akan jauh lebih tinggi.

Worming

Cacingan akan membuat kucing anda lemah. Kucing sebaiknya di berikan perawatan melawan cacingan pada minggu ke 4-6 dan kemudian di berikan secara regular setiap 2-3 minggu sampai mereka berumur 4 bulan. Setelah worming, kucing anda sebaiknya di berikan obat cacingan setiap 2-6 bulan tergantung pada sesering apa mereka bermain di luar dan apakah mereka berkutu atau tidak.

Kutu

Bahkan kucing yang bersih pun dapat memiliki kutu, oleh karena itu periksalah dengan teliti ketika melakukan grooming. Kutu biasanya terlihat sepert noda kecil berwarna coklat, terutama di bagian leher dan buntut. Ketika di tempatkan pada katun wool yang lembab, kutu perlahan-lahan larut membentuk lintasan darah.

Untuk control yang efektif, kutu dewasa pada kucing harus di basmi dan di lakukan pencegahan. Beberapa cara tradisional dengan pemakaian spray, shampoo dan kalung kutu dapat mengandung substansi racun yang potensial yang dapat mengganggu kucing anda dan tidak terlalu menjadi efektif. Dokter hewan anda dapat memberikan berbagai produk yang aman untuk membunuh kutu dan juga aman bagi kucing anda karena bekerja pada reseptor yang hanya ada pada serangga.

Binatang lain yang berada di sekitar rumah harus di berikan perawatan yang sama. Tempat tidur kucing harus sering di cuci atau dig anti. Dokter hewan anda juga dapat menyediakan produk yang dapat membasmi kutu di rumah anda, termasuk kutu yang terbawa oleh kucing anda.

Kotoran Telinga

Kebanyakan kucing memiliki kotoran telinga. Meskipun tidak menunjukkan gejala yang serius namun kotoran yang menumpuk banyak dapat menimbulkan iritasi yang mengakibatkan luka. Pada kasus yang parah kanal telinga dapat terbendung yang mengakibatkan terjadinya infeksi. Meskipun tidak menimbulak rasa sakit namun kotoran-kotoran di telinga dapat sangat mengganggu kucing anda dan mungkin bisa menyebar ke hewan peliharaan anda yang lainnya. Oleh karena itu sering-seringlah membersihkan telinga kucing anda dengan tissue atau kain halus yang di beri air hangat. Jika telinga kucing anda mulai menampakkan gumpalan tipis berwarna coklat yang lumayan meluas, segera hubungi dokter hewan anda untuk di periksa lebih lanjut.

Bagaimana Cara Merawat Kucing Agar Tidak Sakit?