Bagaimana Memilih Kucing Persia?

Tanya: Gw baru mau mulai piara kucing, tolong jelasin dunk cara memilih kucing persia.
Kalau masalah sertifikat itu bagaimana dan siapa yg mengeluarkan?
Apakah jika kita memiliki induk yg bersertifikat nantinya bisa mengurus sertifikat juga untuk anak2 nya?


Jawaban dari chiko_jubilee :
hai…baru mau piara kucing ya ? ^^
kucing PERSIA emang imut dan lucu ..yang pasti kalo mau dapet yang paling bagus yang idung nya pesek banget.
idung sejajar mata.
jangan beli yang harganya dibawah Rp.2,5 juta , pasti idungnya kurang pesek.
yang bersertifikat biasanya mahal banget,soalnya ortu nya keturunan ras tertentu. harganya ? siap2 kaget ya…bisa Rp.20-25 jt an hehe.
ciri kucing persia yang laen : bulu mesti gondrong apalagi bulu di ekor.jangan ketuker ama kucing anggora.kucing persia bulu nya lebih lebat.

biasanya kalo ke 2 induk pas beli nya bersertifikat, anak udah pasti..tinggal di urus aja.


Jawaban dari aDe :
01. Mata kucing harus cerah dan bersih dari kotoran yang menempel di sudut mata

02. Perhatikan bulunya,apabila terlihat kusam besar kemungkinan kucing tersebut terkena cacingan.Jadi bulu kucing harus bersih,licin dan bersinar.

03. Telinga harus bersih (apabila di telinga kucing terdapat kotoran berwarna hitam yang menggumpal berarti kucing tersebut terkena kutu telinga)

04. Pastikan tidak ada jamur di bulunya, ciri-ciri yang paling mudah untuk mendeteksi adanya jamur adalah apabila diantara sela-sela bulunya terdapat putih-putih seperti ketombe, besar kemungkinan kucing tersebut terserang jamur

05. Tidak ada bekas kotoran di bulunya terutama di bagian ekor apabila terdapat kotoran besar kemungkinan kucing tersebut sedang diare.

06. Tingkah laku kucing cukup aktif dan lincah.

07. Gigi putih bersih.

Diantara tujuh hal diatas,no 01 รข?? 05 adalah hal pokok penting dalam setiap kita memilih seekor kucing Persia yang baik dan sehat.


Jawaban dari as3 :
ai,,,

klo masalah itu kluar klo kedua induknya punya sertifikat (sejenis,, ICA sama ICA,, CFI sama CFI). klo salah satu ngk ada surat ato induk dari organisasi ngk sama,, serifikat itu ngk kluar.. bisa kluar klo kamu-nya menang dikontes 3kali menang dan kelasnya itu bukan masuk pedigri or non ped ya… ada yg khusus buat kucing yang mau serifikat

masalah nantinya bisa buat sertifikat untuk anaknya bisa tapi kamu mesti daftar jadi cattery,, syaratnya punya 1jantan & 2/3 betina yang ada sertifikat..

mau kucing bagus/ngk pertama bli coba kamu baca buku kucing terbitan muhammad ali suwed karna buku dya yang gw rasa paling lengkap..


Jawaban dari gigikelinci :
kalo soal sertifikat sih gak ngerti bgt ya.
biasanya keturunan bagus dan juara2 gitu deh yang pny sertifikat.
tapi klo cari kucing persia ya, jangan yang mancung. itu yang paling membedakan kucing persia sama kucing2 lain,.
idungnya harus se-mbelesek mungkin.
kalo bisa kedua mata, harus sejajar sama idung. (atau idung harus sejajar kedua mata?? ya pokoknya gitu lah..)
soal bulu, atau kebersihan bisa dilihat ya.
selamat berburu kucing persia!!


Jawaban dari ade kecil :
Cara memilih :
1.Mata kucing harus cerah dan bebas dari kotoran ( kotoran mata ),bentuk mata besar,berwarna cerah dan mempunyai sorot mata yang tajam.
2.Bulu nya terlihat cerah dan berkilau, hindari membeli kucing dengan bulu kusam biasanya kucing tersebut menderita cacingan.
3.Telinga bersih,tidak ada kotoran yang menggumpal pada telinga.
Bentuk telinga biasanya kecil dengan ujung bulat.
4.Ekor nya panjang dan lurus,tidak ada bekas kotoran di bagian ekornya.
5.Perilaku kucing lincah dan aktif
6.Giginya putih dan bersih.
Untuk mengadopsi kucing saya sarankan berusia min. 3 bulan karena biasanya kucing pada usia itu sudah bisa hidup mandiri dan tidak perlu menyusu pada induknya lagi.
Untuk masalah sertifikasi biasanya itu di keluarkan oleh Breeder besar yang memiliki ijin untuk mengeluarkan sertifikat,biasanya breeder tersebut terdaftar dalam sebuah asosiasi pencinta kucing ( ICA ,CFI )Sertifikat itu biasanya di keluarkan apabila kucing tersebut memang masih keturunan asli misal:induk persia dan bokapnya juga persia dan memang belum tercampur dengan kucing jenis lainnya jadi masih benar-benar murni persia.

Untuk keterangan lebih jelasnya kamu bisa buka alamat web dibawah.
Selamat mencoba dan sebarkan rasa cinta kucing ke teman-teman yang lain.

-salam-


Jawaban dari Ewo J :
yangg buluu naaa lucu…


Jawaban Terbaik “Bagaimana Memilih Kucing Persia? ” dimiliki oleh andi raditya

klo mo cari koecing persia.Kucing Persia merupakan kucing yang sangat cantik dan indah dengan bentuk tubuh yang besar, padat, kepala besar dan bulat, ditutupi lapisan bulu yang tebal. Orang awam pun pasti langsung bisa mengenali kucing persia.

Di Indonesia, kucing ras persia cukup banyak dikembangbiakkan dibandingkan dengan ras lain. Mungkin disebabkan bulu yang panjang dan tebal serta sifat tenang, anggun dan manja yang merupakan salah satu ciri khas kucing ras persia. Persia lebih mudah dikandangkan, relatif tidak berisik dan lebih cocok hidup di dalam rumah.

Berdasarkan panjang bulunya, persia terdiri daru dua tipe yaitu yang berbulu panjang (long haired persian) dan yang berbulu pendek (exotic short hair). Berdasarkan variasi warna, persia terbagi menjadi tujuh kelompok, yaitu :

Solid color
Silver and Golden Division
Shaded and Smoke Division
Tabby Division
Particolor Division
Bicolor Division
Himalayan Division

Kepala :
Kepala persia besar dan bulat, hidung pesek dan lebar dengan celah pembatas yang jelas dengan mata. Rahang kuat dan lebar, pipi penuh ditopang tulang pipi yang menonjol. Bila dilihat dari samping, bagian dahi hidung dan dagu berbentuk garis tegak lurus.

Telinga : berujung bulat, bagian dasar melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan.

Mata : mata yang membuka berbentuk bulat dan lebar, warna mata berhubungan dengan warna bulu.

Badan : dada lebar dan membulat dengan bagian punggung sedikit membulat, ukuran dan posisi perut bagian belakang membulat dan lebih rendah (cobby)

Kaki : pendek, tebal, kuat ditopang tulang yang berukuran besar. Kaki depan lurus dan kaki belakang juga lurus bila dilihat dari belakang.

Cakar : besar, bulat dan kokoh, lima jari di kaki depan dan empat jari di kaki belakang

Bulu : panjang dan tebal mengkilap, menutupi seluruh badan

Ekor : berbulu tebal,lurus, panjang sesuai proporsi badan

Sifat : mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, suka bermain dan mudah untuk disayangi. Ekspresi wajah yang manis dengan sifat tenang bisa duduk dan tidur disatu tempat selama berjam-jam, tidak berisik serta bersuara lembut
gini nih yang bagus.