Advertisements

Tanya: apakah kucing itu bs membuat mandul??
klo iya dibagian mananya (kucing) yg bisa membuat kita mandul??
apa cara untuk mencegah kemandulan tersebut??






syakirin awi ala asir manggo



makasi teman2ku...


Jawaban dari Widdy : memang benar tetapi bisa diobati di dokter

sebab mandul: di kucing ada sebuah virus yang menyerang sel telur dan sperma sampai rusak dan memakannya


Jawaban dari Ribca : Sebenernya nih,,bukan kucingnya yang bikin mandul. Tapi telur parasit toksoplasma yang ada di kotorannya (pup) yang berbahaya kalo dibiarkan. Yang gw tau kalau dibiarkan di udara terbuka dalam waktu minimal 2 hari, telur tokso akan aktif dan mulai berkembang. Tokso bisa menyebar melalui makanan atau minuman (melalui lalat yang nemplok kesana kemari itu looh..). Tokso ga cuma dibawa/ditularkan kucing aja loh..Hewan lain seperti anjing dan burung juga bisa.

Makanya untuk antisipasi buat yang piara kucing ato hewan lain biar ga tertular dan menularkan ya kalian harus rajin membersihkan kandang dan selalu menjaga makanan dan minuman hewan piaraan kita selalu bersih. Kalo piaraan mulai sakit ya harus cepat diobati dan kalo abis pegang piaraan mbok ya langsung cuci tangan..ok?

Kalo cara untuk mencegah kemandulan,, (waduh, susah juga jawabnya secara gw blum tau juga kondisi gw, mudah"an sih aman hehe..) ya cobalah untuk tidak merokok dan menjalani hidup sehat. Tapi menurut gw ga ada 1 orang pun yang pantas disebut mandul kok, karena memiliki keturunan atau tidak itu kan tergantung pada Tuhan yang mempercayai kemampuan dan kemauan kita atau tidak untuk merawat dan menjaga titipan-Nya, ya kan?

*Gw emang bukan ahli, tapi gw melakukan apa yang gw percayai. FYI, dirumah piaraan gw ada anjing, kucing, burung, sampe ikan juga ada dan puji Tuhan sampe saat ini kluarga gw ga ada yang punya masalah kesehatan (even waktu gembar-gembor flu burung beberapa waktu yang lalu..) karena kami selau menjaga kebersihan diri dan binatang piaraan.
Semoga jawaban gw cukup membantu.

God Bless..


Jawaban dari Fuadz R : kata sapa ,....?lo jangan percaya dengan mitos kaya gituan,ingat yang menentukan Alloh SWT. bukan mitos.....


Jawaban dari benny : benar, kotorannya yang buat mandul. aku lupa tapi ada suatu kandungan pada kotorannya. cara mencegahnya ya jangan pegang-pegang kucing.


Jawaban dari Bunda Andin : Aku dulu pelihara inyoy, kucing kampung yang persis si garfield. Tiap jum'at aku mandiin. Tiap sore aku ajak jalan2 naik kendaraan roda 2 dia duduk di belakang, walau muter kota nggak lompat dari tempat duduknya. Malam, kucing itu tidur sama aku. Ketika aku menikah, kucing itu mati diracun orang. Laluaku pelihara kucing lagi bersama suami-ku, tapi karena si kucing baru ini nggak seperti inyoy, aku kasih ke orang lain.
Sekarang, aku punya dua orang anak yang cerdas-lincah-lucu dan menyenangkan. Jadi aku nggak terlalu yakin tuh kucing bisa bikin mandul.
Yang bisa bikin mandul itu hidup yang ceroboh dan sembrono. Free sex, sex pra nikah, nggak care terhadap kebersihan diri maupun lingkungan dan kehidupan bebas tanpa batasan moral-agama juga etika. Kucing sama kambing mah sama-sama binatang tapi kasihan kalo kucing jadi kambing hitam untuk sebuah kemandulan.


Jawaban dari candra : apa lo ga sekolah aku aja udah atau mungkin lo bolos pas di terangin guru ipa lo


Jawaban dari hannie : - Tergantung kita pelihara kucingnya gimana, kalo jorok bisa kena virus.
- Dari bagian kotoran kucing liar yang ga dibuang berhari hari itu menyebakan toksoplasma, yang menyebabkan cacat pada janin manusia.

Tapi ga hanya kototan kucing aja loh... hewan lain juga bisa seperti burung misalnya...


Jawaban dari nopy : Yg bikn mandul tu bukan kucingx, tp kotoranx....
Klu kucingx bersih n terawat y, g bakal bikn penyakit. Spt toksoplasma it kn sbnrx pnularanx dr hewan unggas.... tp yg d kambing hitamkn si kucing.

Mencegah mandul dr virus/penyakit : berusaha hdp sehat, mkn-mknn bergizi n menambah kualitas dr mr toge....bkn kuantitas yg penting, spt mkn kacang2an


Jawaban dari [email protected]! : yup bener


Jawaban dari sai f : bener...
sebersih apapun qta merawat kucing, anjing n hewan berbulu lainnya, tetap ada resiko penyebab mandul
karna toxoplasma berasal dari kotorannya.
so, kalo mau gak mandul n miara kucing, piara ajah kucing boneka


Jawaban dari nur : hem gak tw deh


Jawaban Terbaik "Benarkah Kucing Bisa Bikin Kita Mandul? " dimiliki oleh caspiatiger

Sebenarnya, yang dapat menyebabkan kemandulan adalah parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Parasit ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut toxoplasmosis. Toxoplasma merupakan penyakit yang menyerang hewan dan manusia, laki-laki maupun perempuan. Pada hewan, toxoplasma ini dapat menyerang hewan-hewan berdarah panas, seperti: kucing, anjing, ayam, burung, sapi, kuda, tikus, domba, babi, harimau, dan lain-lain. Mengapa selama ini hanya Kucing saja yang dijadikan sebagai â??kambing hitamâ??, dikarenakan di dalam tubuh kucing, toxoplasma dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu seksual (mikro dan makro gamet) dan aseksual (membelah diri). Sementara itu, pada hewan selain kucing, toxoplasma hanya dapat berkembang biak dengan cara aseksual.

Pada manusia yang terkena penyakit toxoplasmosis, mayoritas tidak mengalami gejala klinis yang dominan. Gejala bisa timbul pada infeksi akut, yaitu berupa pembesaran kelenjar getah bening di sekitar leher atau ketiak. Namun lama-kelamaan, toxoplasma dapat menyebabkan kemandulan. Pada pria, kemandulan disebabkan karena toxoplasma dapat menginfeksi saluran sperma dan menyebabkan peradangan. Peradangan pada saluran sperma ini dapat menyebabkan penyempitan atau penutupan saluran sperma. Akibatnya, pria tersebut tidak dapat mengeluarkan sperma dan membuahi sel telur. Pada perempuan, efek yang ditimbulkan pun hampir sama. Infeksi toxoplasma dapat mengebabkan peradangan dan penyempitan saluran telur. Akibatnya, ovarium tidak dapat sampai ke rahim dan tidak dibuahi oleh sperma. Selain itu, toxoplasma dapat berpengaruh terhadap janin. Kista toxoplasma dapat masuk hingga otak janin dan menyebabkan cacat serta berbagai gangguan saraf. Selain itu, kepala janin dapat terisi oleh cairan sehingga kepalanya menjadi besar (hidrosefalus).

Cara penularan Toxoplasma pada manusia. Toxoplasma dalam tubuh kucing dapat menyebarkan ookista selama kira-kira 10 hari. Penyebaran ini biasa terjadi pada kucing muda yang kekebalan tubuhnya kurang baik. Manusia atau hewan berdarah panas lainnya dapat tertular bila menelan kista atau ookista toxoplasma dan â??menetasâ?? seta berkembang dalam tubuh hewan atau manusia.
Kista tersebut tinggal dalam otot manusia dan hewan, sehingga penularannya dapat juga terjadi melalui makanan, yaitu apabila manusia atau hewan memakan daging mentah atau daging setengah matang yang mengandung kista toxoplasma. Kista juga dapat hidup di tanah selama waktu tertentu, sehingga dapat menular kepada manusia atau hewan lain melalui kontak dengan kista tersebut. Toxoplasma menular melalui kista yang masuk ke dalam tubuh dengan dua cara, yaitu menelan atau kontak dengan kista. Pada kucing, kista dapat keluar melaui feces atau kotoran kucing. Jadi tidak benar bahwa bulu kucing dapat menyebabkan mandul. Pun demikian dengan liur kucing. Bulu dan liur kucing dapat menyebabkan kemandulan hanya bila pada bulu dan liur tersebut terdapat kista toxoplasma. Jadi dalam hal ini, yang penting untuk diperhatikan adalah jangan berkontak dengan feces kucing. Apabila akan membersihkan kotoran kucing gunakan sarung tangan (bhn karet) & setelah digunakan buang sarung tangan lalu cuci tangan dengan sabun antiseptik.

Toxoplasmosis sering kali dihubungkan dengan beberapa virus lain, yaitu Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes. Keempat penyakit atau virus tersebut biasa disingkat sebagai TORCH. TORCH biasa menyerang ibu atau calon ibu yang sedang mengandung. Konsultasi ke dokter apabila terkena toxoplasma melalui proses pemeriksaan yang dikenal dgn nama TORCH.

Benarkah Kucing Bisa Bikin Kita Mandul?
Advertisements