Kucing Bersin? Bisa Pilek Ya?

Tanya: Mw tanya nih…
Gw punya kucing kampung yg udah gw rawat dari bayi, sekarang baru umur 4-5 bulanan, masih nakal-nakalnya.
Biasanya gw kasih makanan ganti-ganti dalam 1 hari, misal pagi tongkol, siang whiskas sachet/kaleng & malemnya kadang cuma kasih sozzis & susu.
Nah, 3 hari lalu gw ada perlu keluar kota, jadi gw titip temen kos-an buat kasih makan tuh kucing.
tapi gw cuma pergi 2 hari & gw kaget soalnya gw gak nemuin kucing gw wktu pulang. rupanya temen gw lupa kasih makan & masukin rumah, jadi kucing gw cari makan+tidur di luar T_T

Hari ini kucing gw aneh…sejak semalem gak nafsu makan, lemes, tidur terus, bulunya agak kaku & sering seperti bersin/batuk/tersedak. gw perhatiin juga ada lendir di mulut & matanya agak bengkak. tapi gak sampe mencret & keluar darah..

Apa kucing gw keracunan makanan atau logam berat? atau kucing gw lagi pilek?
gimana cara ngerawatnya?

NB : kucing gw belum pernah divaksin sebelumnya.

trims b4


Jawaban dari Exaudi :
kucing lo itu ada masalah dengan makan yang ada diluar oleh karena itu kasih susu biar kucingnya sehat


Jawaban dari Paul :
ciri2 kucing yg sakit adl matanya yg spt belekan. keluar liur mungkin makan makanan yg gak biasa diluar. utk bulu yg kotor kaku, cb dilap dgn handuk basah spy bisa bersih dan lembut lagi. kcg bisa juga bersin2 tp biasanay gak lama tuh


Jawaban dari XYZ :
Wah dulu kucing gw juga gtu…
katanya itu gejala kena flu…

wajar sih, belum di vaksin soalnya ya…
saran gw mending bawa ke dokter hewan minta obat nafsu makan…
nanti juga lama2 sembuh….

good luck gan (~v^)


Jawaban dari Snowy :
aduh…. kucingnya hrs di vaksin, gunanya u daya tahan tubuhnya dan u kamu juga krn kucing kalau ga di vaksin bisa menularkan penyakit ke manusia seperti toxo, jamur, jadi segera bw k doker hewan agar kucing n kamu aman, kalau dia bersin/batuk terus2an mungkin dia pilek krn tidur diluar tapi kalau dia tersedak n ada lendir berarti dia sedang berusaha ngeluarin mkn yang nyangkut atau dia keracunan sebaiknya cepat bw k dokter kasian kucingnya masih kitten, daya tahatn tubuhnya belum kuat. smoga cpt smbuh.


Jawaban Terbaik “Kucing Bersin? Bisa Pilek Ya? ” dimiliki oleh PT. SUN consultant

saya pernah mengalami kejadian serupa 2 kali. yang 1 juga belum divaksin dan akhirnya meninggal, yang 1 msh sakit, tapi karena sdh divaksin, kondisinya mulai membaik.
berikut saran saya berdasarkan pengalaman:
1. kucingmu kemungkinan kena Flu kucing yang disebabkan oleh virus herpes. Segera bawa kedokter untuk diberi antibiotik. Ada yang berupa suntikan yang diberikan setiap 3 hari sekali, ada juga yang meresepkan puyer minum. biasanya dokter juga memberikan multivitamin.
2. kucing tidak mau makan, maka kamu harus memaksanya makan. bisa di doping dengan memberikan multivitamin nutri gel plus. supaya kucingmu tidak mengalami malnutrisi karena tidak mau makan.
3. bersihkan rumah sekitar, kandang dengan cairan desinkfektan
4. Jaga dan pantau kondisi kucing terus. kalo keadaan memburuk segera bawa ke dokter lagi.
5. untuk kucing yang belum divaksin, anti bodinya masih buruk, jdi kalo kena flu, dan kondisinya drop terus, mudah terserang penyakit lain. biasanya kondisi ini yang nantinya akan berkembang lebih buruk dan membawa kematian.
Semoga kucingmu cepat sembuh.