Tip memelihara kucing di dalam rumah, kadang kita mendapatkan binatang peliharaan kita mencakar-cakar furnitur atau buang kotoran sembarangan. Di sini ada beberapa tip yang bisa anda terapkan untuk mengajari kucing untuk tetap nyaman berada di rumah tanpa mengganggu kehidupan keluarga.

Memelihara kucing menggunakan litter box.

litter-box Kebanyakan kucing lebih suka litter box  daripada bagian lain di rumah. Tetapi, ada beberapa tahap yang perlu diambil untuk memastikan bahwa litter box yang dipakai adalah tempat bagus untuk tempat buang air besar kucing. Tempatkan kotak di tempat tenang di mana kucing tidak terganggu dengan orang, anjing ataupun berbagai hal yang menimbulkan suara berisik, Jaga supaya kotak sampahnya bersih. Ambil kotorannya tiap hari dan bersihkan kotaknya setiap minggu. Anda juga seharusnya mengganti litter box tiap satu minggu sekali. Sediakan beberapa litter box untuk digunakan satu ekor kucing. Jika memiliki 2 kucing, kau perlu 3 litter box di beberapa area di rumah. Karena kucing dominan mungkin mencoba mengintimidasi kucing yang lebih lemah untuk memakainya.

Buat litter box menjadi tempat yang nyaman.

Jangan menakut-nakuti atau mengagetkan kucingmu saat sedang menggunakan box itu, itu mungkin akan mengakibatkan box itu menjengkelkan untuk dia. Belilah juga box yang besar, walau mungkin anda harus menghabiskan uang lebih banyak lagi. Kucing lebih nyaman berada dia area besar pada box (bukan tingginya) Jangan ubah merek atau tipe dari litter box, Karena kucing tidak suka perubahan mendadak. Perubahan yang mendadak katakanlah dari clay litter ke scoopable atau sebaliknya mungkin akan membuat marah kucing dan akan berhenti menggunakan box tersebut. Jangan memakai litter memiliki bau kuat yang mungkin menghalangi kucing dari menggunakannya. Pada 9 mitos litter box anda bisa mengetahui beberapa hal tentang litter box yang mungkin tidak seharusnya dilakukan.

Pertimbangkan penggunaan Baik untuk Kucing tua atau anak kucing.

Ingat bahwa anak kucing dan kucing berumur dengan arthritis (Penyakit radang sendi) atau masalah kesehatan lainnya mungkin akan kesulitan masuk dan keluar kotak yang terlalu tinggi. Gunakan kotak rendah sehingga memberikan kemudahan akses untuk anak kucing ataupun kucing dengan kebutuhan khusus. Atau beli litter box sesuai tinggi mereka.

Sediakan kucing dengan tiang mencakar.

tiang-cakar-kucing
Gambar sketsa diambil dari wikihow
Mencakar adalah perilaku normal dari kucing, dan tidak mungkin melatih mereka untuk tidak melakukannya. Jika kucingmu tetap memiliki cakarnya, dia akan membutuhkan satu atau dua tiang mencakar khusus untuk menjauhkannya dari furnitur rumah. Dengan menyediakan tiang, Anda memungkinkan kucing untuk melakukan perilaku alaminya. Jikalau kucingmu telah kehilangan cakarnya, dalam hal ini bagian depan dan/atau belakang cakarnya telah dihilangkan secara sengaja. Anda tidak perlu menyediakan tiang mencakar karena mereka tidak akan mampu lagi membuat kerusakan pada furnitur rumah anda.

Menghalangi kucing mengeksplorasi tempat-tempat terlarang.

scat-matsm Kucing adalah makhluk yang ingin tahu dan akan melompat dan menjelajahi tempat yang ingin anda bebas darinya. Scat matsm sebuah alat semptor air dari botol seprai yang bisa diaktifkan dengan waktu yang diinginkan, dapat mencegah kucing untuk pergi ke tempat terlarang. Dengan waktu dan kesabaran, anda dapat mengajarkan kucingmu untuk tidak mendekati area terlarang. Anda bisa melihat penggunannya pada video dibawah ini.  

Pertimbangkan untuk menggunakan produk feromon kucing

Produk-produk ini, yang akan diisi udara dengan feromon sintetis menenangkan, datang sebagai semprotan dan diffusers yang dapat dicolokkan ke outlet listrik. Mereka dapat mengatasi masalah litter box ataupun pencakaran, mereka juga terbukti dapat menenangkan kucing gelisah.    
Cara Memilihara Kucing Di Rumah ( HouseTraining)