Cara Mengatasi Kucing Galak?

Tanya: saya baru odopsi kucing,tetapi kucing tersebut hanya diam saja…kalu melihat orang di sekitarnya suka melihat dengan sinis.dan suka mengeram dengan suara2 seram.mohon bantuanya donk agar kucing menjadi jinak….


Jawaban dari ? :
mungkin harus sering2 didekatin x ya, trus sering2 jg di belai2 deh supaya si meong jd merasa ada ‘temannya’ gitu…


Jawaban dari Minda :
Dkatin dia, elus kepalanya, ksih dia mkan sesering mungkin.


Jawaban dari Bee :
Sabar, pancing/rayu pake makanan, pelan.. pelan.. perlahan.. & tulus..
D’jamin jinak!


Jawaban dari Frida :
Lakukan Secara hati-hati jangan sampai membuat kucing tersebut semakin stress atau takut, gigitan dan cakaran pada saat kucing menyerang bisa berakibat fatal, dan hati-hati juga terhadap kucing jinak. sering kali karena sakit kucing jinak bisa berubah menjadi galak.

Perhatikan gejala-gejala bahasa tubuh kucing yang gelisah atau yang akan menyerang anda
badan mengelung (seperti tengkurap tapi memojok)
melihat dengan pupil mata yang melebar
kuping yang menekuk ke belakang
hissing ketika didekati (hissing ==> menyeringai/mengeram)
jika terdapat tanda-tanda tersebut di atas
jangan coba-coba untuk mengambil kucing tersebut dengan ceroboh

Biarkan kucing tersebut sampai agak tenang dengan sendirinya, bersabarlah dan tetap pada posisi jarak aman.
Bujuk dengan kata-kata lembut, dan jangan menatap langsung ke matanya (karena bisa dianggap menantang kucing tersebut), biasanya kucing akan dengan sendirinya tenang dan mudah ditangkap.

Apabila anda terpaksa menangkap kucing tersebut, walaupun dalam keadaan galak, tindakan yang bisa dilakukan adalah :

bawa atau Giring kucing ke tempat terbuka supaya mudah ditangkap
Gunakan selimut / handuk / jaket yang cukup besar, jatuhkan di atas kucing tersebut
tekan bagian ujung2nya…kemudian buat kucing berguling sehingga kita bisa membungkusnya…
tetap tahan bagian ujung2nya sampai kucing benar2 terbungkus
masukan ke dalam carrier
jika dalam situasi Darurat dan tidak ada carrier/keranjang tetap bungkus kucing cukup keluarkan hanya “bagian kepala”nya saja, biarkan bagian badan dan kaki kucing tersebut tetap terbungkus


Jawaban dari Dion :
coba bantu jawab, ya..
kucing yang mengeram waktu didekati manusia, adalah reaksi alaminya dalam menjaga diri..
mungkin salah satu hal yakni kucing belum terbiasa bersinggungan langsung dengan manusia, biasanya ini terjadi dengan kitten lokal ataupun domestik,stray cat (kucing liar) yang baru diadopsi, atau kucing lagi hamil..
salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah, dengan cara memperkenalkan diri kita terhadap pussynya.. bisa dengan cara memberikannya hadiah berupa makanan, dikalau ada respons setelah kita manggil namanya atau dengan sebutan “pus-pus’ didepannya.. atau mengajaknya bermain dengan seutas tali didepannya.. lakukan cara ini, secara rutin sampai pussy, tidak mengeram lagi kalo didekati sebagai bentuk, telah diterimanya kita sebagai bagian dari kehidupannya yang baru sekarang..
jangan terburu untuk memeluk dan mengelusnya,ya.. yang dikhawatirkan, pussy akan bertindak nakal dengan cara menggigit kita, atau mencakar kita..
bahkan pusy bisa stres dan sakit, bila dipaksakan untuk segera bisa kita elus-elus dan dipeluk..


Jawaban dari Ika Synd SuKar :
AKujuga gitu dulu….

1. jangan biarkan kucing keluar rumah….
2. kasih nama kucing kamu… misalnya puzzy, meong, atau apa lah… tapi lebih baik panggilan 2 itu…lebih akrap(hehehe)
3. selalu dekati ketika makan… sambil panggil kucing dengan sebutan diatas… kamu dekati dan kasih makan…..
4. berusahalah untuk terlihat olehnya…
misalnya pagi kamu sapa siang malam kamu spa.
5. berusaha untuk ngajak ngobrol….
terbiasalah anggap dia seperti manusia…..
aku juga gitu dulu…
sampai sampai kau dianggap orang gila …..

satu lagi……selalu peganglah bawah lehernya…
karena kucing suka dielus dibagian bawah lehernya…
responnya dalah dengan dia memecamkan matanya… itu tandanya dia suk…..
dan elus bagian punggungnya tiap pagi malam siang…

ingat barusaha ngomong ma dia yah…..
InsyaAllah berahasil……..
sayangi dia yah…
soalnya kucing itu punya sesuatu….
namanya juga periharaan nabi……
salam kenal


Jawaban Terbaik “Cara Mengatasi Kucing Galak? ” dimiliki oleh thrilluminator

Kucingnya umur berapa bulan? Kalau sudah mulai dewasa (mendekati 1 tahun), biasanya si kucing sudah tahu rumahnya. Jadi dalam kasus Anda, si kucing masih menganggap tempatnya tinggal sebelum Anda adopsi sebagai rumahnya. Si puss tidak merasa aman, kayak merasa diculik gitu kali ya.

Saya anjurkan jangan membentaknya jika dia mengeram (seperti “hus!” atau “sssttt!!”) karena akan membuat kucing semakin takut. Berikam sinyal positif dan hanya sinyal positif.

Berikan si puss tempat yang nyaman, kasih sayang yang tulus, dan makanan yang berkecukupan. Gak apa-apa lah dimanjakan sedikit di awal, nanti bisa diadaptasikan kembali. Tapi makanannya diporsi aja dulu. Tempat makannya jangan selalu dibiarkan berisi, supaya si puss merasakan kebutuhannya akan anda. Bayangkan kegembiraanya nanti saat Anda datang membawa makanan. 🙂

Kucing termasuk mahluk yang hanya menghafalkan hal-hal yang menguntungkan baginya (berbeda dengan anjing), jadi jika anda membiasakan si puss untuk bisa “mendapatkan keuntungan” dari anda, lama kelamaan si puss juga akan datang sendiri ke anda dengan manjanya.

Ini pengalaman saya dengan kucing saya. Dulu Momo penakut sekali, kalau didekati bisa menyerang. Tapi setelah “diberi keuntungan”, dia jadi nempel terus. (=^,^=)