Cara Merawat Kucing Masih Kecil?

Tanya: gan..
ane baru nemu kucing dijalan gan..
ane liat dia kasian amat gan.. gak ada induknya…
umurnya mungkin sekitar 1 bulan kebawah gan…
yg mau ane tanya…
cara merawatnya gimana gan?? soalnya dia kan harus minum ASI
sedangkan induknya gak ada gan…
selain itu harus dikasih makan apa??dan perawatannya harus gimana??

kalo dikembaliin ketempat ane nemunya kan kasian gan

oia perutnya kayak agak kembung gan??
apa memang kayak gitu ya kalo masih kecil???


Jawaban dari fatimah Agus Triana :
kalau gitu tempat tidur nya harus lembut dan hangat.supaya dia tidak kedinginan.
kalau minum susu dikasih aja susu bubuk,atau susu indomilk. yang penting susu supaya ada yang ngisi perutnya,
kalo masih kecil janga dikasih makan dulu.karena perutnya masih belum bisa mencerna yang seperti makanan.berilah dia susu secara teratur seperti 1 hari 2x.
kalo perawatan. kan itu kucing masih kecil tuh. nah jadi jangan dimandikan dulu. mungkin kalo udah 2 bulan,boleh dimandikan dengan air hangat.terus juga boleh dikasih makan makanan .
mungkin dia kembung karna enggak ada minuman yang ngisi di perut nya.

selamat mencoba ya.


Jawaban dari N4n04 :
kucingnya disimpen di tempat yg hangat,klu kedinginan takutnya mati..
trus kasih minum susu,
jangan lupa ngerawatnya harus ikhlas dan penuh kasih sayang,
klu gak ikhlas kasian kucingnya,kurang kasih sayang
jd masa kecil kurang bahagia deh!


Jawaban dari Ex Shield :
Kasih makan daging 3* dan susu


Jawaban dari Restu :
Kasih tempat yg hangat , ksh susu . Emang kembung , besar rusuknya lbh bsr dri dagingnya krn dagingnya blm ada jd kalah besgrnya


Jawaban dari Nicky Killer :
jangan sampe keinjek yah ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,


Jawaban dari des.. :
gampang….
adiku 1 bulan yang lalu nemuin kucing ngelahirin di belakang rumah, anaknya di ambil sama adikku terus dikasih makan nasi campur ikan sembarang ikan apa mau ayam,laut,sungai,…terus di kasih minum susu indomilk putih, sampe sekarang dua kucing itu hidup sehat,lucu,gemesin,agresif lagi udah bisa nangkap tikus di rumah…..


Jawaban dari Sally :
Yang pasti harus kasih susu, tapi harus di suapin minumnya… kasih tempat yg cukup hangat dan harus bersih juga badannya, jangan terlalu sering di pegang2, biasanya kalau keseringan dipegang malah gak mau makan or minum… kasih daging ikan yang segar lebih oke… met memelihara 🙂


Jawaban dari NuRuL H :
kalo kucingnya masih kecil pastinya dia masih butuh asi..
kasih susu kaleng aja, trus ikan..
jangan kasih nasi dulu, ntar kasihan perutnya..

kalo gak coba aja cari induknya ditempat kamu nemuin anaknya, kadang induk kucing tahu banget bau anaknya mungkin aja bisa ketemu..


Jawaban dari aja semrawud :
dikasih susu yang lo byasa mnum aja gan byar nggak repot gtu
atau klo lo mau lo nyusuin tuh kucing gan :hammer


Jawaban dari Raihan Impera :
Buang ke sumur hehehe dapet 2 poin 😛 😀


Jawaban dari May_Cassiopeia :
– jangan dimandiin
– klo mau dibersihin, cukup di lap aj
– makanan.a kasi yang lembut2 gitu
– untuk su2 kasi aja susu bayi

semoga bermanfaat


Jawaban Terbaik “Cara Merawat Kucing Masih Kecil? ” dimiliki oleh dilbar

bayi kucing yang dipisahkan dari induk (orphan cat) cara pemeliharaannya seperti kita menyapih anak. lebih baik lagi jika kita punya kucing yang juga lagi dalam masa laktasi (menyusui) karena kandungan air susunya masih ada, dan lebih baik lagi jika kondisinya sama dengan si induk (baru melahirkan juga). karena ada kandungan kolostrum yang berguna bagi imunitas si bayi tersebut.

nah, bila ngga ada, maka kitalah yang jadi “ibu sapih”nya. beberapa hal yang perlu dibuat adalah:
1. sediakan brooder (tempat penghangat) yaitu bisa berupa tempat tidur yang disetting senyaman mungkin dan sehangat mungkin untuk tidur. sistem yang digunakan bisa menggunakan bedding (tempat tidur) berupa kain apa saja yang bekas tapi bersih (saya pernah juga tempati dari kain spanduk dan ga ada masalah) yang penting, sering dijaga kebersihannya. suhu lebih baik yang hangat, semisal suhu di luar dingin, lebih baik tempat tidurnya dibawa masuk ke dalam ruangan (rumah). heheh bagaimanapun kucing juga makhluk hidup dong ^ ^

2. beri dia susu jolong, 0.25 -0.5 liter susu sapi, susu bubuk atau susu kambing, tambahkan minyak ikan, 1 butir telur ayam dan setengah sendok makan gula pasir. Aduk hingga rata dan berikan 200-300cc/hari. Susu bisa diberikan dengan botol susu dot, atau dituangkan, atau dengan di plastik, yang ujungnya dibuat seperti ambing,
Cara membuat susu tambahan untuk anak kucing lebih dari dua hari yaitu : susu buatan dibuat dart 3-4 sendok makan susu bubuk (Skim), 250-300 cc air matang hangat tambahkan mentega din 1/2 sendok makan gula pasir. Aduk hingga merata dan berikan untuk satu hari.
cara ini sebenarnya telah dilakukan juga untuk anak kambing yang juga disapih karena ibunya mati. saya pernah mencoba, dan baik juga untuk kucing 🙂
adakalanya kita tidak ingin repot, cukup sediakan susu biasa saja, dengan frekuensi pemberian secukupnya. kucing cepat sekali lapar, tapi cepat juga kenyangnya. jadi harus bijaksana dalam pemberian susunya.
3. untuk makanan, jangan diberikan langsung. kita harus memberikan tekstur yang halus dahulu, misalnya ikan kita coba buat kecil-kecil berbentuk bolus agar bisa dimakan, atau di cacah-cacah. dirangsang dulu biar mau makan. jangan terlalu banyak, ntar kekeyangan terus muntah. hati2x, jangan dikasih makanan basi. ntar dia keracunan penyakit botulism.
4. rawat dia sebaik mungkin. jangan dimandikan pada usia-usia awal. ada baiknya rawat agar kutu tidak nempel di tubuhnya. bila ingin pemberian obat anti kutu, harus konsultasi sama dokter hewan. salah pemberian, bisa gawat!
5. ajak dia bermain. ingat, bermain akan membuat dia sehat dan lincah. kegiatan playing juga bisa melatih kucing itu agar nurut pada kita. toh, kita tidak ingin kucingnya jadi nakal bukan? nah itu bisa kita lakukan, yaitu dengan cara mendidiknya melalui permainan!
6. ajak dia cara buang air. kucing kecil harus dibiasakan untuk buang hajat di tempat yang ditentukan. kita bisa sediakan pispot kecil buat buang air. caranya bisa kita cari kardus diisi alas untuk menampung tanah, sehingga bisa kita ganti tiap seminggu sekali.
met mencoba!