Ciri-ciri Binatang Yang Mengalami Toksoplasmosis?

Tanya: Menurut artikel, ciri kucing yang toksoplasmosis salah satunya diare. Kucingku udah beberapa hari ini diare, apa yang harus dilakukan Ada gak obat untuk diare kucing, karena kampungku jauh dari dokter/mantri hewan ?


Jawaban dari Nur S :
kasihan bgt kucingnya -_- …
tapi jangan aneh yach.. soalnya toksoplasmosis itu kan banyak terjadi pada hewan panas lhooo… contohnya kucing,, tapi hati2 juga, soalnya kamu juga harus jaga kesehatan, jangan sampai makanan yang kamu makan dihinggapi lalat atau apa aja yang udah hinggap dari kotoran kucing kamu,, soalnya pasti terttular juga,
toksoplasmosis pada kucing kamu mau gak mau harus dibawa ke dokter, biar jauh juga yang penting kucing kamu sembuh…
tapi sebelumnya kamu jaga porsi makanan kucing kamu,, jangan sampai kucing kamu makan makanan yang udah basi atau dihinggapi lalat atau binatang terbang lainnya,.,,, okay,,,,
terus juga jangan kasih makan daging yang mentah,,
buang kotorannya setiap hari.
gunakan aja desinfektan pada kandangnya pake air mendidih..
terus juga jangan berikan susu yang belum ter-pasteurisasi…
biari aja kucing kau di dalam rumah dan jangan dekatkan dia sama hewan manapun,,
ya itu sich salahsatu perawatannya.. pokoknya perawatan ekstra tapi juga musti hati-hati,,,


Jawaban dari mahsun :
Toxoplasmosis. Penyebab toksoplasmosis adalah parasit golongan protozoa yang bernama Toxoplasma gondii. Induk semang definitifnya adalah kucing, artinya pada tubuh kucing Toxoplasma dapat berbiak secara kawin dan non kawin. Dengan adanya perkawinan akan dihasilkan ooksita (suatu bentuk telur yang sangat kecil). Untuk dapat menginfeksi pada kucing atau hewan lain atau manusia, ookista harus mengalami sporulasi sehingga menjadi infekstif. Sumber penularan lain selain ookista infekstif adalah bahan pangan yang terkontaminasi ookista infektif serta daging atau telur yang mengandung tachizoid atau bradizoit (bentuk lain Toxoplasma).


Jawaban dari dinodrh :
toxoplasmosis merupakan penyakit yg disebabkan oleh protozoa yang bersifat ZOONOSIS (dapat menular dari hewan ke manusia). hewan yang terserang bisa menunjukkan gejala klinis atau pun tidak. pada anak kucing gejala klinik yang ditemukan antara lain nafsu makan menurun, muntah, haus, sesak nafas. beberapa diantara anak kucing yang tertular mati disertai peradangan kelenjar limfe, jantung dan otak. pada kucing dewasa gejala klinik tidak begitu jelas. pada toxoplasmosis okular dapat ditemukan gejala retinitis (radang pada retina mata).
pada manusia gejala klinik sangat jarang terjadi, ibu hamil yang terinfeksi protozoa ini akan mengalami keguguran atau anak yang lahir hidup tetapi mengalami penyakit yang parah dan berakhir dengan kematian. keguguran sering terjdi pada awal masa kehamilan. pengobatan bagi hewan yang terserang toxo kurang memberikan hasil yang baik. untik pencegahan hindari kontak langsung dengan dengan kotoran atau bulu yang terkena kotoran kucing yang terinfeksi. kucing yang diare belum tentu terserang toxo, memang untuk memastikan perlu pemeriksaan laboratorium. diare bisa saja disebabkan oleh cacing, untuk itu km bs beri obat cacing sejenis combantrin atau pirantel pamoat, dengan sekali pemberian (tidak boleh diulang).

ok

thanks

drh Dino


Jawaban Terbaik “Ciri-ciri Binatang Yang Mengalami Toksoplasmosis? ” dimiliki oleh eckhoe

Sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Khawatir kalo memang kucing anda itu, menderita penyakit tersebut.

^_^