Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing

Penyakit pada kucing yang juga sering terjadi pada manusia mungkin adalah flu. Pada kucing, flu ini disebut feline upper respiratory disease (Penyakit alat pernapasan atas).

Dan tahukah anda! ini merupakan salah satu dari puluhan jenis Penyakit pada kucing yang dapat menular cepat pada anak-anak kucing.

Flu ini Disebabkan oleh vius golongan herpes (Calicivirus) terkadang menginfeksi bersama virus mikoplasma seperti Chlamydia. Dan langsung mengenfeksi di dalam alat pernafasan kucing.

Sedangkan…

Gejala flu maupun ciri flunya sebenarnya hampir sama dengan manusia. Berikut beberapa diantaranya

  • Pertama tentu adalah ciri flu pada umumnya yaitu BERSIN.
  • Kemudian diikuti demam tinggi dengan suhu diantara 40-41 C.
  • Nafsu makan hilang (kalau ini kayaknya semua penyakit kucing ya šŸ˜€ )
  • Depresi

Hampir sebagian besar sama dengan manusia bukan? Namun jika gejala flu ini tidak anda tindaklanjuti, maka penyakit kucing ini akan semain menjadi-jadi seperti berikut :

  • Peradangan di mata dan hidung kucing
  • Air liur keluar secara berlebihan
  • Hidung mengental disertai Ingus keluar
  • Terkadang terlihat luka selaput hidung, vivir atau lidah

Sedangkan untuk pengobatannya adalah diberi pakan secara paksa akibat nasfsu makan hilang. Dan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder dan membasmi mikoplasma Chlamydia, kucingĀ  diberi antibiotic spectrum luas.

Lalu apa obat flu kucing yang tepat untuk penyait kucing ini?

Tentu saja langkah yang paling benar adalah membawanya ke dokter. Dan untuk mencegah flu di kemudian hari, mintalah dokter untuk memberi tahu vaksinasi yang tepat. Dan minta juga melakukannya enam bulan sekali.

OK! Semoga artikel penyakit pada kucing ini dapat membantu anda merawat kucing dengan baik lagi!

59 Replies to “Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing”

  1. Kucing gue mengalami penyakit yg sama dengan ciri2 diatas tp kata dokternya itu Cuma sesak nafas biasa.
    Namun akhirnya kami tetap meninggalkannya di dokter tsb untuk dirawat tp ternyata bsk paginya dokter tsb menelpon bahwa kucing kami telah mati akibat virusā€¦
    Anehnya knp mlmnya dokter tsb hanya bilang sakit biasa tp bsk pg nya sudah matiā€¦!!???
    Kami sekeluarga sangat kecewa dengan dokter tsbā€¦..

  2. Kemaren sore kucingku umur 2 tahun mati. Sudah 3 hari dalam penderitaan. Awalnya dia demam tapi kemudian napasnya ngos-ngosan. Kemaren pagi mulutnya membuka dan napasnya semakin jarang. Sudah aku beli infus RL injek, vit B injek, dan antibiotik injek Oxytetracycline namun penyakit itu kayaknya sangat akut so semua yang aku lakukan jadi sia-sia. Mau ke dokter hewan jauh sekali jaraknya skeitar 70 km pp. Apalagi hawa sangat panas sekarang sehingga kasian kalau dibawa jauh. Aku menduga dia terserang virus karena antibiotik sudah tak mempan. Dulu pernah 5 ekor kucingku terserang distemper. Yang 2 ekor tidak lolos. Kenapa ya kucing mudah sekali sakit? Sudah puluhan kucing mati tak terhitung di sini. Padahal aku sudah kasih mereka makanan sebaik mungkin. Yah… nasib deh

    1. @adi, Mungkin lingkungannya yang nggak mendukung
      Silahkan lihat beberapa artikel saya untuk mencegah penyakit kucing

      Masak 70 km aja nggak mau?

  3. 2 hari yang lalu kucingku juga menderita flu kayak gitu. awalnnya sih biasa cuma nafasnya engkrok2 setelah tak periksakan dan mandikan di dokter A pulangnya bersin2 terus. 2 hari kemudian kucingku tak bawa ke dokter B untuk pencegahan flunya tadi kucingku disuntik antibiotik sama dikasih obat puyer. setelah tak minumkan(campur air gula) si kucing langsung ngiler terus makanan yang udah dimakan muntah lagi. dan tiap tak sodorin makanan air liur keluar semakin banyak. cos gak mau makan kucingku jadi lemes, kukonsultasikan dengan dokter B tapi dia pesimis kucingku bisa sembuh, akhirnya kubawa ke dokter A untuk opname dan sekarang masih diinfus. Kasihan jadi melihatnya. Semoga aja cepet sembuh nih kucing. ku sudah kangen ma lincahnya.

  4. Td pagi ‘Wonyen’ saya meninggal gara2 chlamydia tiba2 dia jd gak bisa bediri gitu truz pas d bawa ke klinik dah gak ketolong lagi

  5. Kucing saya sekarang sedang beranak 6 ekor.
    Baru 2 minggu menyusui, induknya sakit mengeluarjkan darah dari rahaimnya (blooding) sehingga tidak mau memberi susu anaknya lagi dan anaknya jika tdk menusui pasti akan mati.
    Apa obat utk kucing itu dan bagimana memebri susu pd anak kucing yg kecil-kecil itu.
    tks

  6. Pingback: YUNIKA_SMART
  7. kucing w namanya milk.hidung.a mengeluarkan lendir sperti cairan ingus dan selalu bersin2 bagaimana tuh?

Comments are closed.