Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing

Penyakit pada kucing yang juga sering terjadi pada manusia mungkin adalah flu. Pada kucing, flu ini disebut feline upper respiratory disease (Penyakit alat pernapasan atas).

Dan tahukah anda! ini merupakan salah satu dari puluhan jenis Penyakit pada kucing yang dapat menular cepat pada anak-anak kucing.

Flu ini Disebabkan oleh vius golongan herpes (Calicivirus) terkadang menginfeksi bersama virus mikoplasma seperti Chlamydia. Dan langsung mengenfeksi di dalam alat pernafasan kucing.

Sedangkan…

Gejala flu maupun ciri flunya sebenarnya hampir sama dengan manusia. Berikut beberapa diantaranya

  • Pertama tentu adalah ciri flu pada umumnya yaitu BERSIN.
  • Kemudian diikuti demam tinggi dengan suhu diantara 40-41 C.
  • Nafsu makan hilang (kalau ini kayaknya semua penyakit kucing ya 😀 )
  • Depresi

Hampir sebagian besar sama dengan manusia bukan? Namun jika gejala flu ini tidak anda tindaklanjuti, maka penyakit kucing ini akan semain menjadi-jadi seperti berikut :

  • Peradangan di mata dan hidung kucing
  • Air liur keluar secara berlebihan
  • Hidung mengental disertai Ingus keluar
  • Terkadang terlihat luka selaput hidung, vivir atau lidah

Sedangkan untuk pengobatannya adalah diberi pakan secara paksa akibat nasfsu makan hilang. Dan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder dan membasmi mikoplasma Chlamydia, kucing  diberi antibiotic spectrum luas.

Lalu apa obat flu kucing yang tepat untuk penyait kucing ini?

Tentu saja langkah yang paling benar adalah membawanya ke dokter. Dan untuk mencegah flu di kemudian hari, mintalah dokter untuk memberi tahu vaksinasi yang tepat. Dan minta juga melakukannya enam bulan sekali.

OK! Semoga artikel penyakit pada kucing ini dapat membantu anda merawat kucing dengan baik lagi!

59 Replies to “Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing”

  1. Kucing Q udah seminggu lebih sakit. Tapi baru beberapa hari ini dia menderita pilek (kayak flu)terus nafasnya ga teratur mengeluarkan bunyi gitu. Q kasian banget sama dia, takut mati. terus juga mulutnya tuh pucet dan sering mangap. Solusinya gimana??
    Karena aku sayang banget sama kucing Q,, tolong ya……

  2. kucing aq jg sekarang lg bersin2 aja, kasian juga liatnya…klo dikasi obat flu biasa tapi dosisnya dikurangi bisa ga ya? sebab didaerah aq belum ada dokter hewan.. 🙁
    salam kenal.

  3. klo penyakit kucing yg sering muntah kadang flu sama juga gak mau makan di kasih obat yg sama kayak di atas apa ngak??? masalahnya sama muntah2 di kasih apa obatnya??yg cocok untuk kucng kampung? nerima gak klo di dokter hewan kucing kampung? mesti klo di makan wiskas kok muntah kenapa? padahal kucing aq makannya wiskas dah dari kecil

  4. Kucing aku juga gitu Nama kkucing aku encus.Dia sakit flu n bersin bersin gitu aku kasian sih tapi gmana dah aku kasih obat flu punya adik ku juga g sembuh”.

  5. Mulut & gusi kucingku jadi itam, trus diluar mulutnya juga itam kyak kotoran gitu. Kalau udah dbersihkan kluar lgi. Apa itu juga flu?

  6. Kucing sakit flu apapun rasnya harus segera dibawa ke dokter hewan! Tapi kalau keadaan tidak memungkinkan coba tips2 ini untuk pertolongan pertama yang saya pernah praktekkan ke kucing saya:

    1. Kucing kena flu biasanya gak mau makan coba paksa dengan menyuntikkan bubur whiskas (khusus untuk bayi) atau friskies (khusus untuk bayi) dicampur dgn hati ayam hancurkan dengan air hangat lalu disuntikkan ke mulut kucing dari bagian samping (suntikan bisa didapat di dokter hewan atau pipet sebagai gantinya). Bubur whiskas atau frieskies mengandung zat immune yg tinggi baik utk kucing yg sakit/ susah makan, sedangkan hati ayam baik utk penambah tenaga.

    2. Sehabis diberi makan coba suntikan 1 ml (utk kucing besar 0.5ml utk anak kucing (takaran suntikan Amoxixilin Syrup Antibiotik (generik) bisa dibeli di apotik seharga dibawah Rp. 10.000,- yg 250mg. Jangan beri kucing anda dengan obat flu manusia krn perut kucing tidak sama dengan manusia utk penyerapan obat dosis tinggi meyebabkan kucing mati & Jangan suntikkan amoxixilin apabila kucing belum makan/perut dalam keadaan kosong. Lakukan secara teratur 2Xsehari sehabis makan.

    3.selanjutnya boleh disuntikkan madu atau sari kurma yang diberi sedikit air.sampai keadaan memulih.

    4. kalo kucing anda batuk2 atau sulit bernafas beri minyak kayu putih dilehernya lalu dibalut kain (menyerupai syal) agar dia merasa nyaman dan hangat.

    5. kalau kondisi sudah lebih membaik beri vitamin curcuma syrup untuk anak (kemasan warna orange) untuk penambah nafsu makan kucing anda.

    Selamat mencoba smoga tips saya bisa membantu.. tapi yang terpenting dari semua adalah kasih sayang kita. Apabila kita merawatnya dengan penuh kasih sayang saat kucing sakit membantunya untuk semangat hidup dan sembuh. Gd luck!

  7. Kucing ??ª?? di hidungnya basah trus ada belek terus .. Knp yaa ?
    Apa normal dengan setelah dimandikan kuman itu bisa hilang ..

  8. Q mau tanya donk, untuk sekarang ini penyakit apa yang sering dialami kucing dan bagaimana melakukan pertolongan pertama?

  9. kucing ku kok mulutnya tuh basah yaa? kayak ludah gitu.. tapi hidungnya gak pilek, mulutnya yang kayak kepenuhan ludah.
    itu penyakit apa ya?
    kasih tau tipsnya dong??

  10. Alow semoa, salam kenal, aku juga mau tanya neh tentang kucing ku…

    aku punya kucing beberapa ekor, pertama” kucing ku terserang penyakit yg mirip flu itu, trus beberapa hari hampir semoa kucingku mengalami penyakit flu yang sama, sampai hari ini pun masih mengeluarkan cairan kayak flu, dan bersin” terus….

    tolong dong gimana solusinya, beserta penjelasan penyakit nya apa….

    Makasih sebelumnya… ^^

Comments are closed.