Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing

Penyakit pada kucing yang juga sering terjadi pada manusia mungkin adalah flu. Pada kucing, flu ini disebut feline upper respiratory disease (Penyakit alat pernapasan atas).

Dan tahukah anda! ini merupakan salah satu dari puluhan jenis Penyakit pada kucing yang dapat menular cepat pada anak-anak kucing.

Flu ini Disebabkan oleh vius golongan herpes (Calicivirus) terkadang menginfeksi bersama virus mikoplasma seperti Chlamydia. Dan langsung mengenfeksi di dalam alat pernafasan kucing.

Sedangkan…

Gejala flu maupun ciri flunya sebenarnya hampir sama dengan manusia. Berikut beberapa diantaranya

  • Pertama tentu adalah ciri flu pada umumnya yaitu BERSIN.
  • Kemudian diikuti demam tinggi dengan suhu diantara 40-41 C.
  • Nafsu makan hilang (kalau ini kayaknya semua penyakit kucing ya 😀 )
  • Depresi

Hampir sebagian besar sama dengan manusia bukan? Namun jika gejala flu ini tidak anda tindaklanjuti, maka penyakit kucing ini akan semain menjadi-jadi seperti berikut :

  • Peradangan di mata dan hidung kucing
  • Air liur keluar secara berlebihan
  • Hidung mengental disertai Ingus keluar
  • Terkadang terlihat luka selaput hidung, vivir atau lidah

Sedangkan untuk pengobatannya adalah diberi pakan secara paksa akibat nasfsu makan hilang. Dan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder dan membasmi mikoplasma Chlamydia, kucing  diberi antibiotic spectrum luas.

Lalu apa obat flu kucing yang tepat untuk penyait kucing ini?

Tentu saja langkah yang paling benar adalah membawanya ke dokter. Dan untuk mencegah flu di kemudian hari, mintalah dokter untuk memberi tahu vaksinasi yang tepat. Dan minta juga melakukannya enam bulan sekali.

OK! Semoga artikel penyakit pada kucing ini dapat membantu anda merawat kucing dengan baik lagi!

59 Replies to “Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing”

  1. kucing q kena penyakit radang pada telinga nya, trus kmarn uda dibawa kedokter dan di suntik vaksin pembasmi bakteri gt tp esok hari nya malah kucing q demam dan ada bintik merah pada hidung nya, please klo ada yg thu kira2 kenp ya ama kucing ku dan apakah itu reaksi suntikan vaksin nya kmarin

  2. Kucing saya seminggu kemarin muntah2 & nafsu makannya berkurang, biasanya bisa makan 6 kali dalam sehari tp sekarang cuma 3 kali itupun porsinya sedikit. Setelah beberapa hari muntah lagi sekarang badannya jd tambah kurus, saya jd tambah kuatir.
    obat ap yg bisa menyembuhkan kucing saya dan vitamin apa yang bisa menambah nafsu makannya???makasih.

  3. kucing saya sakit tiba2 g bisa jalan kaki’a gemetaran klu d suruh jalan,kucing’a jd lamas kenapa,a aku jd khawatir/

  4. kucing ku tuh kan masih baby..terus waktu itu aku taro diluar biar main,pas aku masukin kucing ku ga mau makan,terus badan nya panas,trs kalau digendong tuh gemeteran,padahal main nya juga digarasi dan diawasi sama aku,kalau kyk gitu knp ya??pliss jawab,aku khawatir kucing ku knp2.

  5. kucingQ sakit dah hampir 2 minggu, gak mau makan pula, sy khawatit krna bdannya udah kurus sekali, jalannya pun sempoyongan. sy bingung mau diobatin apa biar mau makan dan cepat sembuh.. sedangkan ditempat sy tggal ddokter hewan susah dan lokasinya sangat jauh…
    plizz help me…

  6. waduuuh kucingku tuh pilek dah jadi penyakit turun temurun (kayak warisan ) dari induk terus ke baby_nya n ke anaq2nya yang lain, udah dikasih obat pilek sirup untuk anak, juga pernah pake obat pilek tablet, eh ndak ada pengaruhnya tuh ,kayaknya tuh (adly)virus udah kebal deh sama obat2 buat -human-, bingung nih sekarang eh die beranak lagik ?!!!

    1. kucingku kmaren scabies, trus uda sembuh abis itu flu sampe bersin” n’ ingusnya kentel.. gmn y cara ngatasinnya ? mksh 🙂

  7. kucing aq matanya berair kyk ada selaput gitu di matanya,,
    trus skrng jd gmw makan,,,
    mau d bawa k dokter hewan, gtw tempatnya…
    sekarang makan juga jadi males,,
    gmana donk???

  8. Selamat malam,,
    Tolong bantu saya,saya bingung kucing anggora saya hanya diam saja terus tidak mau makan,ini terjadi setelah berantem dengan kucing kampung betina dimana kucing anggora saya juga betina,,’enapa yah??bagaimana tanggulanginya!!!tolong semua,,

  9. selamat soree….tolong bantu saya,kucing persia pesek saya di diagnosa clamidia…saya sedih kali apa bener setelah pengobatan akan sehat kembali….apa tidak menular ke manusia?

Comments are closed.