Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing

Penyakit pada kucing yang juga sering terjadi pada manusia mungkin adalah flu. Pada kucing, flu ini disebut feline upper respiratory disease (Penyakit alat pernapasan atas).

Dan tahukah anda! ini merupakan salah satu dari puluhan jenis Penyakit pada kucing yang dapat menular cepat pada anak-anak kucing.

Flu ini Disebabkan oleh vius golongan herpes (Calicivirus) terkadang menginfeksi bersama virus mikoplasma seperti Chlamydia. Dan langsung mengenfeksi di dalam alat pernafasan kucing.

Sedangkan…

Gejala flu maupun ciri flunya sebenarnya hampir sama dengan manusia. Berikut beberapa diantaranya

  • Pertama tentu adalah ciri flu pada umumnya yaitu BERSIN.
  • Kemudian diikuti demam tinggi dengan suhu diantara 40-41 C.
  • Nafsu makan hilang (kalau ini kayaknya semua penyakit kucing ya 😀 )
  • Depresi

Hampir sebagian besar sama dengan manusia bukan? Namun jika gejala flu ini tidak anda tindaklanjuti, maka penyakit kucing ini akan semain menjadi-jadi seperti berikut :

  • Peradangan di mata dan hidung kucing
  • Air liur keluar secara berlebihan
  • Hidung mengental disertai Ingus keluar
  • Terkadang terlihat luka selaput hidung, vivir atau lidah

Sedangkan untuk pengobatannya adalah diberi pakan secara paksa akibat nasfsu makan hilang. Dan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder dan membasmi mikoplasma Chlamydia, kucing  diberi antibiotic spectrum luas.

Lalu apa obat flu kucing yang tepat untuk penyait kucing ini?

Tentu saja langkah yang paling benar adalah membawanya ke dokter. Dan untuk mencegah flu di kemudian hari, mintalah dokter untuk memberi tahu vaksinasi yang tepat. Dan minta juga melakukannya enam bulan sekali.

OK! Semoga artikel penyakit pada kucing ini dapat membantu anda merawat kucing dengan baik lagi!

59 Replies to “Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing”

  1. selamat sore pak
    pak saya mau bertanya
    begini lo pak kucing saya tu sakit pertama dia tu malas-malasan nah pas hari kedua di tu tidur aja maunya habis bangun tu langsung jalan-jalan ndak tau kemana pas hari keiga kucing saya pulang dah badannya kurus sekali saya jadi sedih saya harus bagai mana badannya dah kurus kerempeng dan dia selalu mengeong-ngeong pak ditambah air liurnya tu nempel di mulutnya pak nafsu makan nya dah hilang jadi gak mau makan.saya mau tau bagai mana caranya untuk mengobatinya pak terima kasih selamat sore

  2. Dear friends,

    Saya punya kucing yang sdg sakit. Memang saya tidak ada dana untuk biaya ke dokter kucing. Kucing kampung yang saya rawat dari kecil. Dia datang minta makan umurnya kira kira 5 bulan. Tapi sekitar 4 bulan kemudian tiba2 dia sakit maaf buang buang air setelah dikasih makan nasi dgn ikan seperti biasa saya berikan. Biasa nya memang itu. Saya kasih diapet tidak mempan juga. Akhirnya saya bikin bubur nasi. Ternyata berhasil tidak buang2 air lagi. Saya tidak ada dana untuk ke dokter. Saya selalu suapin makan bubur dan ikan cuek tongkol saya rebus.Sekarang nafsu makannya pulih lagi. Minum dengan pipet di campur madu.

    Yang saya bingung dia selalu lemas walau nafsu makannya tinggi. Jalan tidak seimbang selalu terjatuh. Pernah saya dengar dia terkena virus kucing tapi saya lupa namanya apa. Dan virus itu tidak ada obatnya. Obat hanya memperpanjang usianya. Sampai sekarang sdh 5 bulan saya harus beri dia bubur karena kalau di kasih nasi pasti buang2 air lagi. Ternyata virus itu betul menyerang matanya. Sekarang matanya buta sebelah kiri. Saya sedih sekali. Tapi saya benar2 tidak ada uang untuk ke dokter. Pertama tama matanya bengkak warna putih ada di kornea matanya, selalu saya bersihkan dengan boorwater. Sekarang matanya tdk sakit lagi dan tidak bengkak setelah 2 minggu tapi buta. Ada warna merah dalam matanya. Kemudian sekarang sudah 2 minggu dia flu. Saya pernah kasih inza sebesar biji kacang hijau tapi tidak mempan. Lalu saya harus kasih amoxicilin 250 mg saya baca diatas atas saran cat lovers. Kalo yang 500mg boleh ga saya kasih sebesar biji kacang hijau? Karena saat dia batuk2 saya pernah kasih obat batuk ambroxol setengah dan amoxicilin sebesar biji kacang hijau 4 kali berhasil. Batuknya sembuh. Kalau flu tidak perlu di kasih obat flu ya? Hanya amoxicilin saja?

    Mohon bantuannya. Terima kasih.

  3. mau nanya klo penyakit kucing yamg dmana kucing tersebut suka dengan tempat dingin, kejang,tidak mau makan.Gmana cara memberikan pertolongan pertamnya?

  4. Mba/pak saya mempunyai 5 kucing. Kucing kampung semua, tetapi sudah terurus dan badannya pd gemuk semua. Pertama berawal dr kucing saya si kuning, sehabis main diluar rumah dia pulang tetapi jalannya sempoyongan dan hilang nafsu makan padahal hri sebelumnya dia sangat hyperaktif suka mencakar menggigit dan berlari”an dirumah. Tetapi sesudah dr luar rumah jalannya lemas,keesokan hrnya dia tdr terus di tempat tidur,hanya minum. Dan kalo buang air kecil dikasur tetapi kencingnya bau dan banyak sekali ttpi masih bisa mengeong dan pindah tempat walaupun jalannya sudah lemas.besok malamnya kucing saya menjerit seperti kejepit(pdhl ga kejepit) disitu kucing saya kejang2 badannya lalu beberapa menit kemudian meninggal. Dua hri selanjutnya kucing sy yang masih kecil terkena penyakit seperti itu bahkan mati juga. Lalu kucing saya si abu juga sama sekarang kurang nafsu makan sering bengong dan tidur. Kalo makan juga sedikit. Kira2 penyakit apa ya yg menyerang kucing2 saya? Mohon balas ya dok!

  5. Kucing ku masih bayi kira” umur 1bulanan
    tapi kalo jalan kaki belakangnya gemetaran
    buat temen” bisa share knpa ya
    kasian masi kecil
    aku ga tega liat nya

  6. kemarin sore kucing ku baru aja bangun tidur terus kepalanya agak tengleng gitu. nah besok pagi nya dia lemes banget gamau makan sama sekali sampe ngeluarin air liur berlebihan terus kalo di gendong dia kaku banget gamau bergerak 🙁 itu kenapa ya?

  7. kucing saya juga gtu..lg flu dia..trs matanya belekan mulu..mau di bawa ke dokter tp blm sempet..kira2 kalo didiemin aja bs sembuh sendiri ga yaa.??kalo makan siih dia masih mau..ga banyak makannya tapi seriiing..

  8. kemarin kucingku yg namanya jono mati…beberapa hari memang badanya aga panas sudah diberi obat,,,kurang nafsu makan,,tapi tdk batuk atau bersin…pagi2 biasanya keluar utk buang air..tapi hampir seharian tidak pulang dicari2 ada di belakang rumah terkapar ga bisa diri… saya pikir keracunan makanan..cos dimulutnya ada aroma bau tidak sedap..langsung aku kasi susu cap bear..n obat bodrexin seperempat…tapi sudah ajalnya setelah 12 jam mati…saya kubur dibawah pohon danm saya kafani seperti manusia…i miss him alot cos dari kandungan ibunya saya jaga sampai ibu n bapaknya mati,,adiknya mati,,sekarang waktunya si jono pergi untuk selamanya..love u jon…

Comments are closed.