Luka Di Cakar Kucing Bahaya Kah,? (takut Nih!)?

Tanya: friends.. saya minta saran kalian donk..
di rumah saya ada 1 kucing setiap hari suka maen ke rumah..
yah..kucing kampung biasa..jadi gak pernah di rawat khusus(dimandiin atau di bersihin),paling2 setiap hari pasti di kasih makan..
klo utk bersihin badan nya dia,saya gak berani krn kucing saya udah dewasa dan sensitif dan tidak suka di pegang di beberapa badan nya (tangan,kaki,perut),pernah di coba di mandiin,dia nya ngamuk2,dia tidak kotor/jorok tp cm agak kumel aja..
nah..seminggu lalu..tangan saya di cakar.cakaran nya 3 baret tidak terlalu panjang di tangan saya tp agak dalam sedikit krn kena kuku kucing saya.. saya obatin pake betadin aja.sekarang udah sembuh,tapi jadi berbekas seperti garis agak menonjol sedikit..walaupun sudah sembuh tp klo saya pegang,rasanya sakit(tdk terlalu sakit si,tp terasa sakit nya) saya jd was2..krn selama ini kl
kena cakaran kucing,tdk pernah seperti ini..
saya jadi takut luka ini makin panjang,atau terjadi infeksi d dalam kulit saya..
temen2 pernah ngalamin seperti saya gak?atau mngkin tau obat salep atau info ttg luka cakar kucing?
saya jg takut,kata orang2 klo suka deket2 m kucing bisa susah punya anak nanti..tp gimana ya.. saya dan keluarga sudah terlanjur sayang dg kucing ini..tp klo di bersihin kucing saya gak suka..menurut kalian saya harus gimana ya,???


Jawaban dari Vllie :
kalo aku sih,, klo udah habis gtu, langsung disiram pake air anget yang rada panas, trus dikasih obat merah
Klo lukanya nonjol, nanti juga hilang sendiri
klo masalah g’punya anak kyknya g’terlalu ngaruh deh..
asal jangan jorok aja.. 🙂


Jawaban dari sonie :
enggak bahaya..
klo habis dicakar menonjol itu ga ap” ko
kucing tidak pernah suka kena air, klo dimandiin pasti berontak
besok mandiin kucingnya pake sarung tangan aj.
sudara” sy perempuan suka sama kucing punya kucing banyak and merit tetep punya anak…
mungkin yg ga boleh klo lg hamil.
lagian anak itu kan titipan yg kuasa, klo dia percaya kita udh bisa di kasih keturunan pasti ya lancar” aj.


Jawaban dari JhoN_TiToR Menggapai 2010 :
Penyakit Cakar Kucing
DEFINISI

Penyakit Cakar Kucing merupakan infeksi pada bagian tubuh yang dicakar kucing yang disebabkan bakteri Bartonella henselae.

Setelah seseorang dicakar kucing yang terinfeksi oleh Bartonella henselae, bakteri cenderung menginfeksi dinding pembuluh darah.
Kucing biasanya tidak menunjukkan gejala-gejala sakit.

PENYEBAB

Bakteri Bartonella henselae.

GEJALA

Dalam 3-10 hari setelah cakaran kecil, biasanya muncul lepuhan merah dan berkerak dengan diameter sampai 6 cm.
Lepuhan yang berisi nanah (pustula) jarang terjadi.

Kelenjar getah bening setempat membesar, berbatas tegas dan teraba lunak.
Selanjutnya kelenjar getah bening akan terisi nanah dan bila mengering nanah akan mengalir ke kulit.

Penderita merasa tidak enak badan, nafsu makan berkurang disertai demam dan sakit kepala.
10% penderita lainnya menunjukkan gejala lain seperti gangguan pada mata atau pembengkakan otak yang menyebabkan sakit kepala atau penurunan kesadaran.

Hampir pada semua penderita, kulit dan kelenjar getah bening akan kembali normal dalam 2-5 bulan. Penyembuhannya sempurna.
Bentuk yang berat dari penyakit cakar kucing ini bisa terjadi pada penderita AIDS.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan pembesaran kelenjar getah bening selama 3 minggu, yang terjadi setelah seseorang dicakar kucing.

Pada kasus yang tidak pasti, bisa dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui adanya antibodi terhadap Bartonella henselae.

PENGOBATAN

Diberikan terapi pemanasan dan obat pereda nyeri.

Untuk mengurangi rasa sakit, biasanya dilakukan pengeluaran isi dari kelenjar getah bening yang membengkak dengan bantuan sebuah jarum.

Antibiotik bisa diberikan untuk membantu membasmi bakteri terutama pada penderita AIDS.

mba buru2 diobatin tuh……..


Jawaban dari Aura :
menurut q sih bekas di cakar kucing ga papa. emang biasanya kalo dicakar kucing tu sakit. bekasnya pasti belum sampe sembuh udah kamu kelupas korengnya or kamu kenain air sabun.ya jelas lah sakit.na kamu kan punya kucing yang suesah banget to dimandikan.q ada tip.sering sih kalo q mandikan kucing yang susah banget mandi caranya mudah tinggal ceburin aj di sungai yang airnya bening kir2 1 meteran.tenang aja kucing itu past bisa renang.asal kucingnya dah gede


Jawaban dari Kitty :
Hati-hati ya, kalau dicakar kucing, bisa infeksi atau rabies(tenang aja, kalau kucing suka berbusa, berarti rabies). Tidak susah punya anak, ibu hamilpun boleh memelihara kucing!!!!!!!! Asalkan tidak membersihkan box pasir yang buat pup. Luka cakar kucing yang berbekas harus diberi suntikan khusus…….. Luka cakar kucing tidak berbahaya kecuali kucing itu rabies. Yang bikin bahaya tuh bulunya, bisa membuat toxoplasma yang dapat membuat kemandulan! Kalu gak hilang juga harus di bawa ke dokter. Kakakku saja dicakar kucing keras sampe teriak gak kenapa-kenapa. Kucingnya dekil dan kumel tapi imut. Mungkin kucing itu mencakar sampai bagian dalam kulit ya?


Jawaban dari KOlang Kaling :
waduh…
saya belum pernah tuh kena cakar kucing…
al nya saya dendam bgt ama yang namanya kucing..

awal ceritanya neh, kucing tetangga yang sering selalu datang kerumah, hampir setiap hari datang ke rumah dengan tujuan mencuri ikan yang ada di dapur ku..

akhir cerita, karena dendam ku ama kucing,akibat ulahnya tersebut, aku dan saudaraku nagkep tuh semua kucing beserta ormas-ormas nya trus dimasukin dalam karung dan….
dikirim ke kedai TUAK. trus kucing nya dipotong wat dimakan ama orang-orang yg ada di kedai tuh…

hingga sekarang , aku gak mau lagi berurusan ma kucing..

saran aku wat luka yang di alami ama mba, segera ke dokter ja…^^
takutnya dah terjadi infeksi didalam kulit

o iya, istri kepala sekolah saya suka pelihara kucing dari masa muda nya, n ampe sekarang mereka blum punya anak…
tapi saya gak tau, apakah kucing yang menjadi penyebabnya


Jawaban dari jibrut :
bisa jd tuh.. priksa k dokter gih, kalee aj tuh kucing kna HIV cz srg gonta ganti pasangan.. hahaha.


Jawaban dari lili :
saya rasa tidak apa2
dulu sejak kecil saya memelihara kucing liar(kucing kampung) yang datang ke rumah saya

nah,kadang2 ada tuh satu dua kucing yang suka nyakar,padahal sebenarnya jinak ma w

itu artinya kamu mengagetkan dia/bertindak sesuatu yang dia ga suka

misalnya,memaksa dia untuk melakukan sesuatu,melakukan gerakan secara tiba2,mengancam daerah kekuasaannya,dll

sepertinya luka itu ga apa2,soalnya dulu juga luka cakaranku kaya begitu,tapi seminggu kemudian lukanya kering dan lepas sendiri,sering2 kasih betadin aja
dan klo masih ga yakin pake detol untuk membunuh kuman(sedikit detol cair dicampur air yg cukup banyak)

sebenarnya,kucing bisa mandi sendiri
dengan cara menjilati diri sendiri/guling2

sebenarnya dekat2 kucing tidak berbahaya,kecuali ada penyakit toxoplasma. Untuk mencegahnya kamu vaksin saja ke dokter hewan

klo mau dibersihkan,pakai air hangat atau kalau masih ga mau,bawa saja ke pet shop


Jawaban Terbaik “Luka Di Cakar Kucing Bahaya Kah,? (takut Nih!)? ” dimiliki oleh Panggil aku Lentera

Nggak masalah
Saya sering juga di cakar dan digigit kucing, trus di obati dg betadin aja, efeknya hanya menimbulkan bekas aja yang nantinya juga hilang.
Kalopun masih sakit bila dipijit , itu karena emang belum sembuh betul. lagian lukanya lumawan dalam.

Soal perempuan yang sulit punya anak kalo dekat kucing, itu bila si kucing mengandung protozoa parasit Toxoplasma gondii dan menimbulkan penyakit yang diberi nama Toxoplasmosis.
Kuman ini berasal dari saluran pencernaan kucing, keluar bersama feses / eeknya..
Tidak semua kucing dapat menularkan kuman ini, hanya yang memang mengandung kuman ini saja yang dapat menularkan.
Untuk mengatasi ini sebenarnya ada vaksin untuk kucing dalan menangkal kuman ini.
Tapi bila anda sendiri selalu menjaga kebersihan, mungkin gak akan tertular parasit ini.

Kontaminasi Parasit
Toxoplasma dapat masuk ke dalam tubuh Anda dalam berbagai cara. Pertama, secara tidak sengaja menelan tinja kucing yang di dalamnya terdapat telur toxoplasma. Cara ini banyak tidak Anda sadari, misalnya menyetuh mulut dengan tangan yang telah terkontaminasi seperti sehabis berkebun, membersihkan tempat makan kucing atau barang-barang lain yang sudah terkontaminasi.

Kedua, parasit ini juga dapat masuk jika Anda mengkonsumsi daging hewan yang telah terkontaminasi dan tidak dimasak secara matang. Bentuk kista dari parasit ini dapat masuk bersama daging hewan tadi.

Ketiga, cara masuk yang lain mungkin lewat air yang telah terkontaminasi. Dan yang jarang, jika Anda menerima transpantasi organ atau transfusi darah dari donor yang telah terkontaminasi.