Mata Kucing Selalu Berubah?

Tanya:
Kenapa warna hitam mata kucing kalau siang mengecil dan kalau malam membesar ?


Jawaban dari Shon Topiaku :
karena pada siang hari cahaya banyak masuk ke bumi, sehingga pupil kucing mengecil guna mempersedikit cahaya yang masuk dan menggunakan secukupnya.
sedangkan pada malam hari cahaya sedikit dan kucing memperbesar pupilnya guna mendapatkan cahaya yang lebih banyak untuk melihat


Jawaban dari Gitaris :
mata kucing memiliki daya penglihatan yang sayang kuat. saat siang cahaya sangat terang jadi mata kucing mengecil agar dapat mengurangi cahaya yang masuk berlebihan pada mata nya. sedang kan pada malam hari dimana cahaya sangat sedikit. kucing akan membesarkan pupil matanya agar dapat melihat sekelilingnya dengan jelas.


Jawaban dari Kitty :
Karena kucing tidak harus menyerap banyak cahaya pada siang hari, siang hari itu banyak cahayanya, jadi kucing tidak perlu melebarkan ‘pupil’nya. Pada malam hari kucing menyerap cahaya banyak pada saat malam untuk bisa melihat dengan jelas pada waktu malam!


Jawaban Terbaik “Mata Kucing Selalu Berubah? ” dimiliki oleh Panggil aku Lentera

Sebenarnya bukan cuma kucing yang seperti itu, semua mamalia termasuk Manusia, mempunyai Cara kerja mata yang sama.
Cara kerja ini pada dasarnya sama dengan cara kerja kamera, kecuali cara mengubah fokus lensa.
Perubahan itu bukan hanya terkadi bila adanya perbedaan terang (siang) dan Gelap (malam) saja tetapi juga terjadi bila obyek yang dilihat jauh atau dekat.

Mata mempunyai reseptor khusus untuk mengenali perubahan sinar dan warna.
Pada siang hari / kondisi terang, sinar yang masuk ke mata berlebih sehingga lensa mata (bukan pupil) menutup untuk mengurangi sinar yang masuk,
Sedangkan pada malam hari / kondisi gelap lensa mata membuka lebar, untuk mendapatkan sinar sebanyak mungkin masuk ke mata agar bayangan benda yang di lihat nampak.

Ketika mamalia ( termasuk manusia ) mati. lensa ini membuka penuh / lebar, karena sudah tidak berfungsi, Ini salah satu cara mendeteksi kematian.