Mengapa Anak Kucing Tidak Boleh Diberi Susu Sapi (full Cream)?

Tanya: beberapa hari yang lalu saya memberikan kucing-kucing saya, usia kira-kira 1-2 minggu, susu sapi full cream. tapi yang terjadi satu jam kemudian, salah satu kucing tersebut diare sehingga terlihat lemas.

apa yang harus saya lakukan sementara saya belum mampu membeli susu khusus kucing?


Jawaban dari Kojima Kensuke :
Karena anak kucing tidak punya enzim untuk menguraikan susu sapi

Sapi adalah herbivora sedangkan kucing karnivora, kalau dilihat dari makanannya, sudah pasti beda kan…?

Solusinya, berikan SUSU BAYI (manusia!) bubuk, lalu panaskan pada suhu tubuh manusia (diaduk pake jari atw apa aja, yg penting sekitar 37 derajat Celcius)


Jawaban dari abahroro :
Ya jelaslah anak kucing seusia itu seharusnya masih disusui oleh induknya, kalau pun gak bisa sebaiknya diberi susu sapi murni tapi tidak berlebihan, lebih bagus lagi kalau susu sapi tsb di panaskan dulu agar terbebas dari bakteri2.


Jawaban dari kucing_manis_nan_lutu :
jangan dikasih susu sapi…
mereka berbeda itu..
sapi kan pemakan tumbuh2an
sedangkan kucing pemakan daging
jadi kucing ga bisa makan susu dari sapi
semua kucing…kucing kecil maupun kucing dewasa..
pasti efeknya dia bakal langsung diare..
saran aku kalau susu khusus kucing kemahalan buat kamu
yah kasih susu bayi aja…
tp jangan sustagen…cuz aku udah pernah nyoba
kucingku juga jadi kena diare..
dulu pernah aku coba kasih dancow full cream juga…
cuman yang berumur kurang dari 1 tahun juga jadi kena diare…
tp kalo aku kasih susu bendera kental manis malah ga kena diare…
jadi kamu beli susu yang ukuran kecil aja dulu supaya bisa dicoba…

oh iya cara penyajiannya…
ukurannya satu sendok untuk 30 cc kalo ga salah…
trus dikocok / diaduk pake air hangat
kamu kasihnya di botol susu khusus kucing yah…
karena umur segitu tuh kucing belum bisa minum sendiri..
atau bisa juga pake pipet..


Jawaban dari carlina :
susu yang kamuu brikan berupa bubuk ato kental manis??
kata dokter,kucing bolehnya hanya dikasi susu kental manis itupun gak boleh yang rasa coklat,bolehnya hanya susu rasa biasa…


Jawaban dari RIOT SQUAD !! :
karna dia bukan anak sappy .. hahhhhaha ..


Jawaban dari gag paKe nama “chu” :
umh..
eman9 susah sih kalo rawat kitten…
memang induknya kemana??
q dulu sering nemu kucing kecil teyus aq rawat sampe gede..
kaya yang skr q nama in ichal,masih 5 bulan..
kmbali ke masalah mu..
mungkin itu memang karna kucing kecil belom terbiasa minum susu selain induknya..
sementara kucing sekecil itu belom bisa makan mknan kucing wet food nasi dll
jadi bisanya minum susu aja..
coba kamu kasi dancow putih wat bayi..
q dulu kasi itu ke kucing q..
jangan lupa dirawat dengan kasih sayang..
oke..
moga berhasil..
salam buat kucing na yah..^^


Jawaban dari Vanny M :
sebenarnya boleh, cuma kalau terlalu banyak bisa membuat mencret. Jadi susu sapi hanya boleh diberikan sedikit saja, sebagai selingan.


Jawaban Terbaik “Mengapa Anak Kucing Tidak Boleh Diberi Susu Sapi (full Cream)? ” dimiliki oleh AnjingKita.Com

Kucing tidak bisa mencerna susu sapi karena susu sapi mengandung laktosa.

Hindari Pemberian Susu Berlaktosa

Oleh Bobby Sant

Susu identik dengan anak kucing. Banyak pemula yang hanya memberikan susu sebagai makanan pada anakan kucingg yang baru dimilikinya. Susu memang makanan padat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anakan kucing yang belum bisa memakan makanan padat yang dimakan oleh kucing dewasa. Tapi tahukah anda bahwa tidak semua susu dapat dicerna oleh kucing?

Susu yang tidak dapat dicerna oleh kucing adalah susu yang berlaktosa seperti susu sapi segar ataupun produk sampingannya. Laktosa adalah gula susu yang merupakan salah satu komponen khas dalam susu bersama dengan trigliserida (lemak susu) dan kasein (protein susu). Kandungan laktosa sekitar 4,6% dalam susu. Untuk mencerna laktosa maka pencernaan harus menggunakan enzim laktase yaitu salah satu enzim pencernaan yang diproduksi oleh sel-sel di usus kecil yang bertugas memecah gula susu menjadi bentuk yang lebih mudah untuk diserap ke dalam tubuh. Sayangnya, pencernaan yang dimiliki oleh kucing tidak dapat memproduksi enzim ini sehingga laktosa tidak terurai, butiran laktosa akan tertinggal di muka lubang usus halus dan menyerap banyak air dari sekitarnya sehingga menimbulkan diare. Ada kalanya sebelum keluar, ia tertahan di kolon dan diurai oleh bakteri penghasil gas (CH4, CO2, H2). Akibatnya, perut menjadi kembung, nyeri lambung, hingga diare.

Ada beberapa pencernaan kucing yang akhirnya menjadi kebal terhadap laktosa. kucing tidak mengalami diare ataupun perut kembung. Hal ini bukan berarti baik karena pencernaan kucing mengalami gangguan yang tidak terlihat sehingga fungsi kerjanya menurun. kucing tidak dapat mencerna dan menyerap nutisi dengan maksimal sehingga harus diberikan makanan dengan jumlah yang lebih banyak daripada yang seharusnya. Akibatnya kucing akan kehilangan berat badan dan malnutrisi.

Jadi, apakah pemberian susu harus dihindari?

Setiap jenis susu pasti mengandung laktosa, tetapi ada susu yang mengandung laktosa sehingga dapat dikonsumsi oleh kucing. Susu berlaktosa yang dapat dikonsumsi oleh kucing adalah susu yang mengandung protein alpha S1-casein yang rendah yaitu susu yang berasal dari hewan kambing. Diluar negeri, susu kambing memang sedang ditingkatkan dan dipromosikan karena tidak menimbulkan efek samping yang merugikan seperti susu sapi. Di Indonesia memang akan lebih sulit untuk mencari susu kambing tapi tidak perlu khawatir karena produsen makann hewan sudah menyiapkan susu bebas laktosa untuk kucing sehingga anda dapat memberikan susu kepada kucing kesayangan anda tanpa menyebabkan kucing anda mengalami diare. Sayangnya produk ini harganya sangat mahal karena diimpor dalam jumlah yang kecil. Alternatif lain adalah dengan memberikan susu formula untuk bayi manusia yang bebas laktosa dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih beragam pilihannya. Susu formula bebas laktosa biasanya diberi kode FL (free lactose) pada kemasannya.

Memang, nutrisi yang dikandung susu formula bayi tidak sama nutrisi yang dibutuhkan oleh anakan kucing tapi setidaknya lebih baik daripada susu sapi yang mengandung protein alpha S1-casein sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan diare.

Selain pada susu, kandungan laktosa juga banyak digunakan pada produk makanan ringan untuk manusia seperti biskuit, sereal siap saji, keju, margarin, dan sebagainya sehingga perlu diperhatikan jika anda ingin memberikan makanan ringan untuk kucing anda. Lebih aman jika makanan ringan tersebut dibuat khusus untuk kucing yang diproduksi oleh produsen makanan hewan terkemuka karena walaupun mengandung susu, kandungan laktosanya sudah dihilangkan terlebih dahulu agar aman dikonsumsi oleh kucing anda.