Mengebiri Kucing Betina dan Kucing Jantan?

Salah trik untuk membuat kucing menjadi binatang peliharaan yang baik adalah dengan cara mengebirinya. Apakah memang sebaiknya kucing kita kebiri saja supaya menjadi lebih penurut. Baca artikel kucing berikut ini :

Baik kucing jantan maupun kucing betina bisa dikebiri. Pada umumnya untuk kucing betina direkomendasikan dikebiri pada usia 24 sampai 30 minggu. Ini dilakukan sebelum kucing betina tersebut mencapai masa subur untuk pertama kalinya. Seperti kita tahu, masa subur pertama kucing betina terjadi pada usianya yang keenam bulan.

Tetapi tentu saja tidak semua jenis kucing masa suburnya enam bulan. Cotohlah jenis kucing Siam yang masa suburnya di usia 4,5 bulan. Bahkan ada juga jenis yang sampai sembilan bulan lamanya.

Sedangkan untuk kucing jantan, kapan waktu untuk mengebiri nya? Apakah sama dengan kucing betina?

Sebenarnya pada usia enam belas (16)  minggu, kucing jantan sudah dapat kita kebiri. Namun ada beberapa ahli katakanlah dokter hewan yang mengebirinya setelah berumur sekitar enam bulan. Hal ini di pertimbangkan supaya kucing jantan dapat mengembangkan saluran kencingnya.

Berbeda dengan kucing betina, saluran kencing kucing jantan bermula dari kandung kencing kemudian ke penisnya. Maka daripada itu sebaiknya kita menunggu sampai enam bulan untuk mengurangi kemungkinan penyumbatan.

Penyumbatan ini disebabkan kondisi yang bernama FUS (feline urological syndrome). Harap bedakan denga FUS penyakit flu kucing.

Selain itu, Kucing jantan juga punya waktu maksimal dia dapat kita kebiri. Yaitu pada usia sembilan bulan.

Nah! bagaimana apakah akan mengebiri kucing anda? Banyak pertanyaan yang mungkin masuk dalam pikiran anda. Bukankan mengebiri akan membuat binatang pliharaan terluka. Mungkin saja? tapi musim kawin pada kucing datang dalam waktu terbatas, berbeda dengan manusia yang dapat melakukannya sewaktu-waktu :D .

Dan ingat ada banyak ribuan ekor kucing yang terbuang dan membutuhkan rumah. Apa anda mau menambahkan populasi kucing yang terbuang itu? YAP! ini hanya pendapat saya..keputusan tetap berada di tangan anda. Saya sendiri sih sepertinya tidak akan mengebiri.

Incoming search terms for the article:

cara mengebiri kucing, mengebiri kucing, Mengebiri, masa subur kucing, kucing jantan, masa kawin kucing, Cara kebiri kucing, cara mengkebiri kucing, penyakit kucing dan obatnya, kebiri kucing

9 Thoughts on “Mengebiri Kucing Betina dan Kucing Jantan?

  1. Pingback: yuddi’s blog » Blog Archive

  2. kasian kalo dikebiri, kan dosa juga sih… menghalangi hasrat kucing untuk bereproduksi….

  3. Pingback: Jenis – Jenis Kucing « Blu3Cat Blog

  4. Pingback: Jenis – Jenis Kucing « Choirul Takdir Syahputra

  5. herlin on May 25, 2010 at 1:02 am said:

    mo tanya, boleh ga disini? klo kucing betina ma jantan dijodohin tp sebelum kucing betinanya birahi (maksudnya biar deket duluan) tapi malah berantem sampe cakar-cakaran,nantinya masih tetep bisa kawin sama kucing jantan yg sama gak ya? *really needs this info* thanks.

  6. Pingback: jeniskucing « Aku Ingin Tau

  7. putri on June 29, 2012 at 12:02 pm said:

    aku pengen kucing aku di kabiri v aku takut juga kasian ,, gmana dong??

  8. putri on June 29, 2012 at 12:28 pm said:

    apakah mengabiri kucing itu dosa ???

  9. Pingback: Jenis kucing Birman « nadiraalf's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation