Musim kawin kucing dan tahap-tahapnya

kucing betina kawin Jika anda ingin membiakkan kucing anda, sebaiknya anda WAJIB tahu kapan musim kawin dari kucing itu sendiri. Dan perhatikan juga kucing yang dipelihara di dalam rumah dan diterangi lampu heat trjadi pada sepanjang tahun.

Faktor utama dalam penegembangbiakkan kucing adalah birahi si kucing betina. Jika betina sudah ada tanda-tanda kawin maka itulah saatnya pengembangbiakkan bisa dimulai. Ada 5 Tahap kucing kawin yang semuanya berhubungan dengan kucing betina.

Tahap musim kawin :

1. Anestrus

Perlakuan sifatnya adalah  Kucing jantan tidak tertarik pada betina begitu juga sebaliknya kucing betina tidak tertarik pada kucing jantan. Terjadi pada awal musim hujan.

2. Proestrus

pada tahap ini kucing betina akan berguling-guling serta menggosokaan badannya di lantai atau di tanah. Dan akan memanggil kucing jantan walau begitu si kucing betina ini masih memperbolehkan penjantan untuk menyentuhnya. Tahap ini berlangsung sekitar beberapa jam, namun untuk beberapa indukan bisa sampai 2 hari. Tapi hati-hati tahap ini juga jarang kelihatan.

3. Estrus

Tahap ini berlangsung selama kira kira satu minggu. Nah pada tahap inilah si kucing betina benar-benar akan mengajakanya untuk kawin. Perkawinannya sendiri hanya berlangsung sekitar 5-10 menit. Setelah kawin betina akan menjilati kemaluannya dalam rangka untuk membersihakan diri. Dan inu terjadi berulang-ulang.

Dan pada tahap ini juga si kucing betina akan sensitif. Setelah bersetubuh dengan pejantannya dia akan bertindak agresif dan marah-marah terhadap pasangannya. Oleh karena itu jika anda menkawinkannya dalam kandang pastikan ada tempat untuk keluar.

Ok yang namanya binatang tentu si betina memperbolehkan dia untuk sisetubuhi oleh beberapa pejantan. Tapi sebaiknya jangan sampai itu terjadi. Karena ini akan membingunngkan dalam segi pembiakan kucing.

4. Interestrus

Pada tahap ini agak berbeda. Tahap ini terjadi jika dia tidak dikawinkan atau tidak menemukan kucing jantannya. Berlangsung selama seminggu namun kemudian akan terulang lafi ke tahap Estrus lagi.

5. Metestrus

Tahapan ini terjadi jika betina berhasil dikawini namun tidak hamil.

Jadi jangan sembarangan melihat kucing kawin. Anda harus setidaknya mengerti tahap-tahap diatas. OK! anggap kucing anda berhasil hamil. Maka dia akan mengandung selama kurang lebih 2 bulan.

25 Replies to “Musim kawin kucing dan tahap-tahapnya”

  1. aq punya kucing betina . umurnya sekitar 6-7 bulanan .
    3 hari yang lalu dia birahi . trus , semalem kucing ku kabur ke genteng rumah n kluarga gak ada yang tau .
    aku takut kucing ku di stubuhi sma kucing kampung yang suka maen ke rumah .
    gmana caranya supaya tau dia sudah kawin atau belum tu gmana ya ??

  2. mo tanya, boleh ga disini? klo kucing betina ma jantan dijodohin tp sebelum kucing betinanya birahi (maksudnya biar deket duluan) tapi malah berantem sampe cakar-cakaran,nantinya masih tetep bisa kawin sama kucing jantan yg sama gak ya? *really needs this info* thanks.

  3. gini aja deh, lo lo yg penasaran ama kucing lo tarik tuh ekornya lalu lo kawinin deh ga usa nunggu musim duren musim rambutan langsung aje lo tancap, habis itu baru deh lo bikin artikel baru yah ok ok ok ? oh iya buat yg penasaran jg soal musim kawin kecoak dan tikus biar rumah lo tambah ramaiiiiii….kunjungi http://www.ngentotnohbinatang.com

  4. gw pnya kucing persia,.dy dh msuk birahi,saking g sbarnya kucing gw dikawinin m kucing kampung..eh bsk harinya thu kucing kmpung g mw lg m kucing w…
    bolh g gw kawinin kcg w m kcg lain yg w pilih?

  5. Tuan, bolih receommend pihak company atau individu yang menyediakan perkhimatan kawinkan kucing, pihak saya ada kucing parsi betima nak di kahwinkan denagn parsi jantan.
    STK

  6. salam kenal. tlong bantu ya gw bru pertama punya kucing anggora sepasang usianya dah cukupdewasa. dan dia lg dlam proses kwin ada batesan ga sih si kucing kawin soalnya dlam sehari dia bisa sampe 18 kali, gimana sih biar kita tau klo dia udah hamil. klo lg hamil boleh ga sih di mandiin. apa klo kucing kawin itu jd kurang nafsu makan.

Comments are closed.