HEBOH! Gambar kucing yang besar, palsu atau tidak!

Tunggu dulu Gambat kucing besar! Di internet banyak  hoax-hoax yang beredar. Soal bill gates yang akan membagikan kekayaannya lah, atau membuka email dapat virus, manusia belum pernah kebulan lah. Nah sekarang ada juga lho hoax tentang pecinta kucing. Yaitu gambar kucing besar.

Seperti yang bisa anda lihat dibawah ini. Anda sekarang sedang melihat sebuah gambar kucing besar yang sedang diangkat oleh seorang wanita. Lucu nggak sih. Gambar lucu kucing ini memang benar-benar lucu kan. Continue reading “HEBOH! Gambar kucing yang besar, palsu atau tidak!”

Ciri-Ciri kucing

Berikut ini adalah sebagian besar ciri ciri kucing yang membedakannya dengan hewan lain. Ciri kucing ini juga termasuk (walau tidak semua) kucing besar semacam harimau, singa, macam dsb.

Baiklah tanpa menunggu lebih lama lagi, mari kita bahas satu persatu.

1. Suara Kucing

Ciri-ciri kucing yang tentu saja membedakannya dengan binatang lain adalah suaranya. Tapi tahukah anda suara kucing itu seperti apa?

Pasti jawaban anda adalah Meong.BENAR! tapi itu untuk orang indonesia dengan bahasa indonesia. Coba kita lihat untuk bahasa lainnga

  • “Miaow” untuk inggris dan perancis
  • “Meow” untuk kucing di amerika (bahasa inggris dialeg amerika)
  • “Miau” untuk kucing dalam bahasa jerman
  • “Nya”  untuk kucing jepang
  • “Dan” masih ada ratusan lagi

Selain itu ciri kucing yang khas adalah dengkurannya panjang yang juga dapat mengeong pada saat yang bersamaan. Kemampuan ini dikarenakan dengkurannya bukanlah suara vokal sehingga mampu bersama-sama dengan mengeong (Seingat saya) Continue reading “Ciri-Ciri kucing”

Mau Menulis Artikel tentang kucing?

Tidak terasa walaupun blog ini baru lahir tidak lebih dari satu bulan. Artikel tentang kucing yang sudah ditulis mencapai angka 30-an lebih. Mungkin banyak yang bertanya mengapa membuat blog yang membahas hanya tentang kucing.

Jawabannya sangat sederhana karena saya adalah cat lover atau bahasa indonesianya saya pecinta kucing.

Hampir semua tentang kucing baik postingan maupun permalinknya saya tulis tentang kucing. Tapi ternyata susah juga ya menulis artikel tentang kucing sendirian. Maka daripada itu dan oleh karena sebab itu… Continue reading “Mau Menulis Artikel tentang kucing?”

Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing

Penyakit pada kucing yang juga sering terjadi pada manusia mungkin adalah flu. Pada kucing, flu ini disebut feline upper respiratory disease (Penyakit alat pernapasan atas).

Dan tahukah anda! ini merupakan salah satu dari puluhan jenis Penyakit pada kucing yang dapat menular cepat pada anak-anak kucing.

Flu ini Disebabkan oleh vius golongan herpes (Calicivirus) terkadang menginfeksi bersama virus mikoplasma seperti Chlamydia. Dan langsung mengenfeksi di dalam alat pernafasan kucing.

Sedangkan…

Continue reading “Fakta Tersembunyi Penyakit Flu kucing”

Warna kucing

Saat ini kita sering lihat berbagai variasi warna kucing dari berbagai ras maupun jenis kucing. Belum lagi semakin banyaknya breeder (Pengembangbiak kucing) yang semakin kreatif menyilangkan warna antara satu jenis kucing dengan kucing lainnya. Sehingga terciptalah berbagai warna kucing yang sangat banyak……. Continue reading “Warna kucing”

Syarat membuat kandang kucing

Dalam membuat kandang kucing ada beberapa syarat yang harus diperhatikan. Jangan asal saja gunakan kotak kardus menjadi kandang, Berikut beberapa yang harus diperhatikan :

Ukuran sebuah kandang kucing yang baik adalah menyesuaikan dengan berat badan kucing. Jika satu ekor kucing dengan berat 4 kg minimal kandang dibuat dengan Panjang:90cm, Lebar :63cm, dan Tinggi 65 cm. Untuk n kucing tinggal anda kali 1.5 (n-1) kecuali untuk tinggi. Misal jika 2 kucing maka ukuran kandang Panjang :120 cm, lebar, 94,5 cm, tinggi 65cm. Tapi tidak harus begitu sesuaikan dengan berat badan kucing itu sendiri Continue reading “Syarat membuat kandang kucing”

Tindakan untuk penyakit rabies

Sebelumnya saya telah membahas bahwa salah satu penyakit kucing adalah  penyakit rabies yang dapat menular bukan hanya pada kucing tetapi juga manusia.

Walaupun penyakit kucing  ini lebih dikenal sebagai penyakit anjing gila, tetapi selama itu adalah makhluk berdarah panas (makhluk yang suhu badannya dapat berubah sesuai lingkungan) maka tetap dapat tertular.

Walau sudah banyak kejadian penyakit rabies, namun sampai postingan ini ditulis masih belum ada obat maupun cara yang efektif dapat menyembuhkannya. Continue reading “Tindakan untuk penyakit rabies”

Hati-hati! Kucing juga bisa tertular RABIES

Tahukah anda bahwa rabies adala salah satu penyakit kucing yang paling berbahaya…

Sebagian besar dari anda pasti sudah tahu bahwa rabies adalah penyakit anjing gila. Tapi saya yakin sebagian besar dari anda tidak tahu bahwa rabies juga dapat menular pada kucing. Well, sebenarnya bukan hanya kucing saja! semua makhluk hidup berdarah panas termasuk manusia juga dapat terkena.

Jadi jika kucing anda terkena penyakit rabies, Dan anda tergigit olehnya. Saat itu boleh dikatakan harapan untuk hidup sudah tidak ada. Tragisnya anda akan mati dengan penderitaan yang teramat sangat sakit. begitu juga nasih kucing yang menulari anda rabies.

Gejala Rabies pada kucing maupun hewan lainnya dibagi menjadi 3 Continue reading “Hati-hati! Kucing juga bisa tertular RABIES”

Penyakit kucing FUS

FUS merupakan kependekan dari Feline Urologic Syndrome. Penyakit kucing yang berhubungan dengan Uretra dan Urine.

Penyebab penyakit kucing ini masih belum diketahui dengan pasti. Walaupun ada beberapa penelitian yang mengklaim tahu penyebabnya tapi itu masih dalam sebatas argumen. Banyak yang mengatakan  disebabkan oleh tersumbatnya saluran uretra. Tapi tidak sedikit mengatakan dari radang uretra, tumor dan bahkan sekedar trauma

Walaupun penyebab penyakit kucing ini belum diketahui namun ada beberapa faktor yang diperikirakan mempengaruhinya. Continue reading “Penyakit kucing FUS”

Perawatan anak kucing setelah lahir

anak-kucingSetelah anak kucing melahirkan anda harus tahu cara merawatnya.Dan hal-hal apa yang harus segera dilakukan. Sebenarnya tidaklah terlalu sulit melakukan perawatan semacam itu. Cukup biarkanlah itu terjadi secara alami.

Namun begitu tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit perawatan anak kucing seperti berikut :

  • Membersikan anak kucing dari kotoran.Terutama pada tali pusar
  • Setelah melahirkan pastikan anak kucing mendapatkan kehangatan sesaat. Caranya dengan meletakan mereka di bawah handuk yang diatasnya terdapat botol berisi air hangat. hal ini dilakukankarena kondisi mereka sesaat setelah dilahirkan dalam kondisi basah dan lembab, dan jika tidak dilakukan apa-apa suhu tubuh mereka dapat menurun dengan cepat.
  • Tiada yang lebih baik mengasuh anak mereka dibanding ibu mereka sendiri. Maka dari itu setelah anda membersihkan kucing segera kembalikan mereka ke induknya.
  • Untuk anak kucing yang baru lahir sangat penting untuk mendapatkan susu pertama dari induknya. Jadi anda tidak perlu bingung “nih makhluk akan saya beri makan apa“. Cukup kembalikan saja ke induknya. Dengan bayi kucing itu mendapatkan susu pertama dari induknya ini akan melindungi si anak kucing dari infeksi. Continue reading “Perawatan anak kucing setelah lahir”

Penyakit kucing Cryptosporidiosis

Kemarin saya membahas penyakit kucing radang usus menular. Sekarang saya akan membahas Penyakit Cryptosporidiosis

Penyakit ini menyerang seluruh kucing yang ada di dunia ini. Dan amat sangat menakutkan. Mengapa?? Karena ini penyakit kucing ini sampai saat ini belum ada vaksinnya. Sehingga tidak bisa dicegah.

Walau begitu anda tetap bisa meminimalisasikan dengan menjaga kebersihan lingkungan (Tentu juga termasuk kebersihan majikannya).

Penyebab dari penyakit ini adalah Protozoa. Dan yang tipe paling berbahaya adalah tipe Cryptosporidia parvum.

Gejala-gejala umum kucing terkena penyakit ini adalah :

  • Diare herat
  • Demam
  • Nafsu makan hilang
  • Dehidrasi

Hati-hati walaupun ini adalah penyakit kucing namun dapat juga menular ke manusia. Penularannya sendiri kepada manuasia melalui air dan makanan. Penyakit ini begitu berbahaya jadi jika kucing anda memiliki penyakit ini lebih baik langsung ke dokter hewan terdekat

Jika belum sempat ke dokter…Kucing ini harus disingkirkan dari kucing yang lain. Selain itu kandang maupun fasilitas yang ada di dalamnya juga wajib dibersihkan dan didestinfeksikan. Begitu juga benda ataupun tempat yang sering dikunjungi kucing anda.

Yang penting Bersih..bersih dan bersih

Hal yang perlu di hindari saat kontes kucing

Sebelum anda mengkuti cat show atau kontes kucing. Anda harus memastikan bahwa kucing anda memenuhi kualifikasi. Biasanya kucing yang memiliki tanda dibawah ini akan langsung didikualifikasi dari kontes.

Nah! Berikut hal-hal  yang dapat membuat kucing didiskualifikasi saat cat show. Semoga tidak terjadi pada kucing anda ya:

  • Kucing yang terlalu agresif.
  • Memiliki kelainan testikular
  • Kucing yang sedang sakit
  • Kucing yang ditambahi kosmetik
  • Kucing yang ada tanda-tanda sakit (walaupun anda merasa tidak sakit)
  • Kucing betina Yang sedang menyusui
  • Kucing yang sedang  mengandung
  • Kuku Kucing di amputasi (dicabut)
  • Kucing yang tuli
  • Kucing yangbuta

Continue reading “Hal yang perlu di hindari saat kontes kucing”

Gambar Kucing Yang Kaget

gambar kucing kagetIni adalah gambar kucing yang kaget.

Mungkin dia sedang berfikir wah gawat ada anjing. Atau sedang ketakutan melihat wajah anda. hahaha

Yang pasti gambar ini aku suka banget. Entah kenapa dan entah darimana datangnya. Gambar ini mengingatkan aku sama kucingku yang dahulu. Entah bagaimana nasib kucingku itu. Mungkin sudah mati atau mengembara sendirian.

Namun kayaknya sudah tiada deh mengingat itu sudah hampir 10 tahun yang lalu. Semoga kau bahagia di alam baka..

gambar diambil dari http://bestphotooftheday.net/qdig-files/converted-images/med_funny-cat.jpg

Bulu menggumpal pada kucing persia

Kebiasaan kucing yang tidak bisa dihidari adalah menjilati bulu-bulunya sendiri atau lebih dikenal dengan istilah grooming. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bulu-bulunya dari kotoran

Namun kebiasaan grooming itu bisa menjadi masalah untuk kucing perisa. Seperti kita tahu bulu dari jenis kucing ini lebih panjang. Saking panjangnya maka kemungkinan untuk tertelan saat menjilat tentu semakin besar…..

Setelah bulu-bulu itu tertelan dan masuk ke dalam perut maka bulu-bulu akan menggumpal . Hal inilah yang disebut hairball (bola rambut).

Apakah ini bisa dihindari. Menghindari 100% memang sulit. Namun kita bisa meminimalisasikan dan  menjaga kucing persia kita dengan cara seperti berikut : Continue reading “Bulu menggumpal pada kucing persia”

Ciri-ciri Kucing yang sehat

Pasti sebagai cat lover anda pasti ingin tahu bagaimana ciri-ciri kucing yang sehat. Atau anda merasa kucing anda pasti sehat. Hmm….Belum tentu! mungkin saja luarnya tampak sehat tapi dalamnya . Siapa tau???

Berkut ciri ciri kucing sehat :

1. Pada mata kucing harus bersih, tanpa kotoran di dalamnya, tanpa bercak,tidak boleh ada iritasi apalagi jangan sampai ada mengeluarkan nanah atau lender

2. Telinga kucing mampu mendengar dengan baik tanpa gangguan. Continue reading “Ciri-ciri Kucing yang sehat”

Radang usus menular

Feline infectius enteritis atau yang biasa dikenal dengan nama Distemper adalah radang usus menular. Disebabkan oleh virus parvo. Penyakit ini amat menakutkan bagi kita penyayang kucing. Tingkat kematian pada jenis penyakit kucing ini sangat tinggi. Jadi anda harus extra berhati-hati.

Sedangkan gejala dari penyakit kucing Distemper ini adalah :

  • Demam tinggi dengn suhu mencapai 42° C
  • Mengalami dehidrasi
  • Nyeri pada lambung
  • Mencret
  • muntah
  • Depresi

Lalu gimana jika kucing saya sudah terserang penyakit ini. Yang pasti berdoa saja! Pasti sembuhkah??? ya nggaklah! Penyakit kucing  seperti ini harus ditangani dokter spesialis hewan. Continue reading “Radang usus menular”

Tanda kucing melahirkan dan persiapan

Setelah sebelumnya saya membahas artikel tentang hal apa yang dilakukan sebelum kucing melahirkan sekarang sudah waktunya membahas tanda kucing melahirkan

Satu hal yang PASTI saat kucing akan melahirkan adalah saat kencing. Hah! saat kencing? Wah ini gimana, dimana-mana kucing kencing mah biasa berarti setiap hari kucing saya melahirkan donk!

Bukan kencing sembarang kencing SODARAKU! namun kencing air ketuban, Continue reading “Tanda kucing melahirkan dan persiapan”

Sebelum kucing melahirkan, melakukan apa?

Kehamilan kucing adalah hal yang harus kita perhatikan. Terutama saat sebelum melahirkan adalah saat-saat yang penting dan nggak boleh kita cuekin begitu saja.

Mungkinkah anda pernah bertanya.

Apa sih yang terjadi saat sebelum kucing melahirkan. Atau apa yang harus kita lakukan saat kucing hamil. Nah pertanyaan-pertanyaan semacam ini yang akan kita bahas pada artikel berikut. Dan harus anda ketahui jawabannya, supaya kehamilan kucing tidak membahayakan

OK! Continue reading “Sebelum kucing melahirkan, melakukan apa?”

Tips Membersihkan Kandang Bau

Tidak bisa dipungkiri kandang kucing itu selalu identik dengan bau. Ya mau gimana lagi! yang namanya kandang itu sudah pasti bau. Ok! tidak hanya kucing lihat aja kandang anjing, kambing, sapi apalagi babi sudah pasti membuat hidung menangis merana. Oooh kasiaan….

Walau tidak dapat dihidari.Membersihkan kandang kucing itu penting! setidaknya anda dapat berusaha efek bau yang ditimbulkan kecil.Minimal kalau ada tamu nggak malu-maluin

Tak perlu menunggu lama lagi inilah. Tips Membersihkan kandang biar nggak bau. Continue reading “Tips Membersihkan Kandang Bau”