Advertisements

Tanya: Panduan Memotong Kuku Kucing
Umumnya, semua kucing akan menjaga serta merawat kuku-kukunya dengan baik, yaitu dengan cara memanjat dan mencakar atau menggaruk-garukkan kuku-kukunya pada benda-benda seperti misalnya batang-batang pohon, tiang-tiang, dsb.

Kebiasaan kucing yang gemar memanjat serta menggaruk-garukkan kuku atau cakarnya ini bermanfaat untuk membantu membersihkan kukunya sendiri, sekaligus juga dapat untuk mempertajam kukunya.

Bagi Anda para pemilik kucing, sebaiknya menyediakan sebuah tiang panjat di dekat kandang kucing sebagai tempat menggaruk sekaligus memanjat dan bermain kucing. Hal ini juga dapat mencegah binatang kesayangan Anda memanjat ataupun menggaruk-garukkan kuku-kuku atau cakar-cakarnya pada perabotan rumah Anda. Tiang panjat (tempat penggarukan) tersebut dapat terbuat dari batang kayu atau bantalan bersarung atau kayu dililit dengan tali-tali, juga sekaligus bisa digantungkan alat bermain bagi anak kucing, dsb. Terdapat berbagai macam bentuk/desain tempat menggaruk dan/atau memanjat yang dapat dibuat sendiri atyau dibeli si pet shop.

Tiang/bantalan tempat menggaruk dan memanjat kucing.

Memotong kuku kucing diperlukan dan menjadi kewajiban bagi pemilik kucing, selain untuk kebersihan dan kesehatan kucing, juga agar saat kucing tersebut kawin tidak melukai pasangannya.

Disarankan pemilik kucing membiasakan memotong kuku kucing sejak usia dini atau ketika kucing masih kecil, sehingga kucing menjadi terbiasa dipotong kukunya.

Pemotongan kuku kucing sebaiknya dilakukan secara rutin 3-4 minggu sekali atau bila Anda merasakan kuku kucing kesayangan anda tersebut sudah sangat panjang dan tajam.

Jika pemilik kucing tidak rutin memotong kuku kucing, maka kuku tersebut dapat tumbuh memanjang hingga dapat melukai bantalan kaki kucing, akibatnya kucing akan merasakan sakit saat menumpukan kaki mereka.


Anatomi kuku kucing

Kucing mempunyai kuku yang unik. Tidak seperti anjing, kuku kucing dapat ditarik keluar dan ke dalam. Dalam keadaan normal kuku kucing tertarik ke dalam dan tersembunyi. Bila kucing sedang marah atau mencakar, barulah kukunya dikeluarkan.

Manusia yang mempunyai jaringan daging yang berada di bawah kuku. Dalam bahasa Inggrisjaringan ini disebut quick. Kucing juga mempunyai jaringan ini, hanya letaknya sedikit berbeda dari manusia. Jaringan ini berwarna merah muda atau pink, berbeda dengan warna kuku yang berwarna putih transparan.

Letak dan batas jaringan daging ini perlu diperhatikan agar tidak terpotong pada saat menggunting kuku kucing. Bila terpotong, akan muncul darah dari jaringan yang terluka dan kucing akan merasa kesakitan.

Jadi yang dipotong adalah ujung kukunya saja, jangan sampai terkena "quick" (bagian yang berwarna pink tersebut).


Anatomi kuku kucing dan batas pemotongan kukunya.


Peralatan dan Bahan

Gunting kuku adalah alat utama yang diperlukan bila ingin memotong kuku. Banyak model dan jenis gunting kuku khusus hewan kesayangan yang dijual di petshop-petshop. Gunting kuku yang sering dipergunakan sehari-hari untuk memotong kuku orang juga bisa digunakan.

Pastikan gunting kuku yang akan digunakan benar-benar tajam. Karena bila kurang tajam, bentuk potongan kuku kucing kurang bagus, bahkan kadang-kadang kukunya bisa pecah.

Berikutnya bisa juga disediakan serbuk perak nitrat atau PK (Kalium Permanganat atau KMnO4). Serbuk PK berwarna merah-ungu, bisa dibeli di apotik-apotik. Serbuk PK atau perak nitrat ini berguna untuk mempercepat berhentinya pendarahan bila daerah quick terpotong.

Bahan ini diperlukan karena pada saat memotong kuku, ada kemungkinan Anda tanpa sengaja memotong bagian "quick" (jaringan daging), sehingga mengeluarkan sedikit darah dan anda tidak perlu panik, segera tekan bagian di sekitar kuku yang berdarah untuk mengurangi pendarahan.

Serbuk tersebut ditaburkan/ditempelkan ke bagian kuku yang terluka, agar perdarahan segera berhenti. Bila serbuk-serbuk tersebut tidak tersedia, bisa juga menggunakan tepung jagung.

Seandainya juga tidak ada, maka tidak masalah, anda tetap menekan daerah sekitar kuku tersebut sampai darahnya berhenti sendiri. Normalnya perdarahan akan berhenti kurang lebih dalam waktu 5 menit.


Cara Memegang Kucing

Tidak ada patokan yang pasti cara memegang kucing pada saat memotong kukunya. Yang terpenting kucing merasa nyaman dan meminimalkan pergerakan kucing. Selain itu juga perlu diperhatikan reaksi kucing menggigit atau mencakar, sebaiknya posisi tangan kita pada saat memegang kaki kucing agak jauh dari jangkauan mulut kucing.

Yang terbaik umumnya memegang kucing dengan bantuan orang lain, sehingga kucing jauh lebih mudah dikendalikan


Jawaban dari Fitria : Terima Kasih infonya


Jawaban dari Conk Eneck : mantab !


Jawaban dari Wawashahab : makasih gan artikelnya ๐Ÿ™‚
baca juga artikel ini ๐Ÿ™‚


Jawaban dari Novia gita : Thanks infonya gan !


Jawaban Terbaik "Panduan Cara Memotong Kuku Kucing Buat Agan Agan Penyayang Kucing^^? " dimiliki oleh Marjorie lee

yuhuyyy kerenz lho

Panduan Cara Memotong Kuku Kucing Buat Agan Agan Penyayang Kucing^^?
Advertisements