Penyakit Distemper Pada Kucing Dan Ciri Cirinya?

Tanya:
KUCING PERSIAN


Jawaban Terbaik “Penyakit Distemper Pada Kucing Dan Ciri Cirinya? ” dimiliki oleh Riska

Distemper Kucing (Cat Panleucopenia)

distemper kucing (cat panleucopenia) atau disebut juga radang usus menular (feline infectious enteritis) atau feline agranulocytosis. penyakit ini disebabkan oleh virus golongan parvoviridae (panleukopenia) yang mengakibatkan penyakitradang pencernaan. tingkat kematian distemper kucing ini sangat tinggi,terutama diantara anak kucing (kitten).

kucing yang terserang penyakit ini awalnya menderita demam dengan suhu badan antara 41-42 celcius, depresi hebat, muntah, mencret, dehidrasi, dan nyeri lambung.

pengobatan dan perawatan ditujukan untuk mengatasi dehidrasi dan infeksi sekunder, yaitu diberi antibiotik spektrum luas serta cairan infus makanan, vitamin, dan mineral. pemberian infus sebagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. kucing penderita distemper harus dirawat inap (opname) karena memerlukan perawatan intensif.

pencegahan terbaik, murah, dan efektif adalah melakukan program vaksinasi (seperti pada distemper anjing). nutrisi imbang dan bebas parasit pun merupakan tindakan pencegahan. virus tahan hidup di luar tubuh kucing bertahun-tahun sehingga bila akan memelihara kucing sebaiknya harus sudah divaksinasi paling lambat 2 minggu sebelumnya.

sumber : Buletin Klinik Hewan Happiness edisi November 2010,vol. 28