Penyakit Usus Pada Kucing

Sama seperti manusia, kucing juga dapat menderita penyakit usus. Sebelum ini blog ini juga telah membahas tentang radang usus menular. Tapi untuk kali ini jenis penyakit kucing akan dibahas lebih banyak lagi. Satu paragaf akan dijelaskan satu macam penyakit!

Jika kucing anda memiliki ciri penyakit usus seperti makan dengan baik tapi kurus. Maka bisa dipastikan itu adalah gangguan karena cacing. Cukup beri obat cacing khusus kucing.

Perut kembung adalah salah satu gejala yang mungkin disebabkan penyakit kucing pada usus. Hal ini dikarenakan dengan diet, dan sering terjadi pada anak kucing. Coba didiskusikan dengan dokter tentang perubahan diet.

Walaupun selera makan normal alias biasa-biasa saja namun berat badan kucing berkurang secara kronis. Beberapa penyebab dari penyakit usus ini bisa disebabkan oleh Tumor Usus dan Cacing. Bisa juga disebabkan ketidakmampuan si usus kucing untuk menyerapa sari makanan

Apakah kucing lucu anda sering muntah-muntah dan tidak mau makan. Hal ini mungkin dikarenakan oleh Penyakit pembengkakan usus.

Gejala penyakit usus seperti mengejan untuk buang kotoran, kotoran yang dihasilkan keras dan padat, Kemudian mengejan itu berhenti setelah kotorannya keluar. Tapi kucing tidak muntah! Maka penyakit kucing yang mungkin adalah Sembelit ringan (sering terjadi pada kucing tua dan berbulu panjang seperti kucing persia)

Berbeda jika…

Gejala penyakitnnya sama seperti diatas tetapi kotoran yang keluar sedikit atau tidak ada dan malah muntah-muntah! Raut si kucing juga menunjukkan depresi. Berarti itu lebih dari sekedar sembelit ringan itu sudah terjmasuk kategori sembelit berat

Postur tubuh dari si kucing ternyata membungkukan tulang belakan. Kemungkinan yang terjadi adalah adanya benda asing dan sembelit hebat.

Muntah-muntah dan diare. Ini karena penyakit pembengkakan usus (inflammatory bowel desease).

Diare dan sekali dua kali terjadi secara hebat tapi dalam waktu yang singkat. Malah kucing menunjukkan tampak cerah dan waspada (tidak muntah-muntah). Kalau ini tidak perlu dibawa ke dokter hewan cukup beri air sekali sehari kemudian beri makanan kucing yang lembut. Tapi kalau berlanjut penyakit kucing nya ya mau nggak mau dibawa ke dokter hewan.

Jika kejadian penyakit usus diatas terjadi setelah kucing minum susu sapi. Itu karena memang si dia tidak tahan terhadap laktosa. Kalau seperti ini yang jangan diberi susu atau kalaupun ingin memberi pastikan beri susu rendah laktosa

Selesai!

Tentu masih banyak jenis dari penyakit usus yang dapat menyerang. Namun saya rasa ini yang paling sering menjadi gejala dari sekian banyak penyakit kucing.

Incoming search terms for the article:

kucing muntah, penyakit pada kucing, penyakit kucing, penyebab kucing muntah, kucing muntah muntah, kucing sembelit, kucing tidak mau makan, penyebab kucing tidak mau makan, kenapa kucing muntah, kucing muntah-muntah

44 Thoughts on “Penyakit Usus Pada Kucing

  1. siska on March 13, 2012 at 4:21 am said:

    kucing sy berusia 9 bln, kucing sy tdk bisa pup 2 minggu lebih.. sy sudah berikan minum yg byk, obat2 spt akar2 kucing, obat untuk anak2 sdh juga di coba tetrapi blm berhasil, skrg perutny keras di bagian bawahny. sdh kedokter tetapi tdk ada prubahan. tp kucing sy mau makan dan minum. mohon sarannya atau info obat apa yang bisa menyembuhkan kucing sy, terimakasih

  2. vichantik on March 14, 2012 at 1:27 am said:

    Sharing aja cat lovers. Kalau bayi2 (kucing2) saya sakit, biasanya saya kasih minyak jinten hitam 1– 3 tetes dicampur di makanannya, atau di vitaminnya. Sakit apa saja biasanya sembuh sendirinya. Cuma tidurnya semakin banyak, bisa 18jam sehari :D, sampai kangen. Dari yang jenis liar sampai persia mudah2an manjur ya. Trus ngingetin aja, kucing itu anggota keluarga kita loh, jadi selalu kasih makan di tempat makan yang bersih, air minum yang matang. Dan setidaknya disisir setiap hari kaya kita mandi tiap hari ya… Salam miaw miaw

  3. Met pagi…salam miaw miaw….aqu punya 2 kucing persia si conan dan catty. Catty kucing baruku kata penjualnya umurnya 7 bln ,baru 5 hari jd kucingku, kaget d pg hari lihat si catty muntah, cacingnya byk hidup lagi uuuphhff. Krn si conan g pernah gini dr kecil aqu binggung. Pantesan aja kesehariannya kulihat si catty lemah dan tak brtenaga,untungnya masih mau makan cuma slow bgt. Sbaiknya d kasih obat apa? Kalo d kasih obat cacing combantrin bisa ga? Brp takarannya…please help :( Coz ga tega lihatnya..

  4. siska on March 22, 2012 at 7:12 am said:

    kucing ku usia 9 bln,saat ini sedang sakit dan tdk bisa PUP sdh hampir 2 mgg an,, suh coba akar2 kucing dan ke dokter jg tp blm berhasil,, mohon saran nya harus diberi obat apa yaa? aga kucing ku kembali normal..

    terimakasih :)

  5. RUCIHA on April 8, 2012 at 6:55 am said:

    pak, kucing saya aneh.. kalau dia duduk, ada darah keluar dari anusnya. Gimana solusinya pak?

  6. pras on April 8, 2012 at 8:06 am said:

    dok saya punya kucing.dari anusnya keluar kayak daging gt.awalnya feses encer trus mejen malem kluar daging tu dikit paginya koq makin besar.tu kenapa y????
    gimana biar bisa sembuh….

    mohon bantuan
    prasetyo_libra@yahoo.com

  7. Saya sebenarnya suka kucing,karna takut terkena berbagai penyakit kucing,jadi malas piara kucing.

  8. pak saya mau nanya nih.. kucing saya kan masih kecil baru 2 bulan kenapa sih kucing saya badannya kurus banget padahal udah dikasih makan banyak n minum yang banyak trus klo muntah ato di anusnya suka ada cacing gituh… kira-kira kenapa ya pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation