Perawatan anak kucing setelah lahir

anak-kucingSetelah anak kucing melahirkan anda harus tahu cara merawatnya.Dan hal-hal apa yang harus segera dilakukan. Sebenarnya tidaklah terlalu sulit melakukan perawatan semacam itu. Cukup biarkanlah itu terjadi secara alami. Namun begitu tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit perawatan anak kucing seperti berikut :
  • Membersikan anak kucing dari kotoran.Terutama pada tali pusar
  • Setelah melahirkan pastikan anak kucing mendapatkan kehangatan sesaat. Caranya dengan meletakan mereka di bawah handuk yang diatasnya terdapat botol berisi air hangat. hal ini dilakukankarena kondisi mereka sesaat setelah dilahirkan dalam kondisi basah dan lembab, dan jika tidak dilakukan apa-apa suhu tubuh mereka dapat menurun dengan cepat.
  • Tiada yang lebih baik mengasuh anak mereka dibanding ibu mereka sendiri. Maka dari itu setelah anda membersihkan kucing segera kembalikan mereka ke induknya.
  • Untuk anak kucing yang baru lahir sangat penting untuk mendapatkan susu pertama dari induknya. Jadi anda tidak perlu bingung "nih makhluk akan saya beri makan apa". Cukup kembalikan saja ke induknya. Dengan bayi kucing itu mendapatkan susu pertama dari induknya ini akan melindungi si anak kucing dari infeksi.
2 hal yang perlu anda lakukan setelah kucing melahirkan :
  1. Menentukan jenis kelamin si anak. Untuk mengetahuinya cukup angkat ekor. Lalu akan terlihat dua lubang. Nah! jika ke dua lubang itu berjauhan maka itu pasti jantan. Dan sebaliknya jika keduanya berdekatan maka kucing itu adalah betina.
  2. Hal kedua adalah menimbang berat badan anak kucing yang dilahirkan itu. lakukan itu setiap hari selama 2-2,5 minggu.
Sebenarnya untuk melakukan perawatan pada anak kucing yang baru lahir itu gampang. Biarkan saja dia bersama induknya. Dan jangan ganggu mereka. Tahanlah perasaan gemes dan lucu terhadap si anak kucing setidaknya sampai 2 minggu.  Walau begitu jangan dibiarkan begitu saja lihatlah sekali-kali jika ada sesuatu yang tidak beres.

Incoming search terms for the article:

ANAK KUCING, cara merawat anak kucing, anak kucing baru lahir, cara merawat anak kucing yang baru lahir, cara merawat bayi kucing, merawat anak kucing, cara merawat kucing yang baru lahir, cara merawat kucing baru lahir, merawat bayi kucing, perawatan kucing

61 Thoughts on “Perawatan anak kucing setelah lahir

  1. 2 hal yang perlu anda lakukan setelah kucing melahirkan :

    Menentukan jenis kelamin si anak. Untuk mengetahuinya cukup angkat ekor. Lalu akan terlihat dua lubang. Nah! jika ke dua lubang itu berjauhan maka itu pasti jantan. Dan sebaliknya jika keduanya berdekatan maka kucing itu adalah betina.
    Hal kedua adalah menimbang berat badan anak kucing yang dilahirkan itu. lakukan itu setiap hari selama 2-2,5 minggu.

  2. udah 7 hari kurang lebih, kucing liar lahiran di rumahku…lahir 7 kucing..lucu2, tapi pagi ini saya terkaget2 melihat 3x induknya menggigit anak kucing itu dan lari ke kolong ranjang anakku..ga tau mau ngapain, segera saya pisahkan induk dan anak2nya…anak2 saya takut kalo anak2 kucing itu akan dimakan oleh induknya.
    ada yang mau anak2 kucing ini?coz anak2 saya ada alergi sama bulu kucing nih.. :(
    ada yang minat? contact saya yah…
    kirim email kesaya di rien.evanka@gmail.com..
    makasih

  3. isha on May 10, 2012 at 4:45 am said:

    Anak kucing yang baru 1 minggu trus meninggal tanda2 sebelumnya perutny besar spt bengkak..
    dan tidak mau menyusu apa infeksi pusarny.. ato karena kegemukany..

  4. Mellyshaa on June 30, 2012 at 12:31 pm said:

    kalo dia gigit anaknya mungkin dia mau pindahin anaknya dari satu tempat ke tempat lain.. kalo itumah biasa.. naluri induk kucing seperti itu….

  5. kucingku umur 2 hari sudah mati.padahal aku sayg banget ma kucing.ku takut anak kucing yg laennya jga mati.jdi gmna merawatnya supaya g mati..bisa dijelaskan?

  6. junaedi gunawan on September 14, 2012 at 8:13 am said:

    kucing saya baru melahirkan 5 ekor anak tapi setelah 2 minggu anaknya yang satu dimakan oleh induknya itu kenapa ya? apakah induknya akan makan anaknya lagi?

  7. yuni on May 25, 2013 at 5:13 pm said:

    sya baru saja membeli anak kucing persia,,,tp sy lpa ty usia nya,,,,smpai rmh ank kucing tersebut tidak mau makan dan minum,,,bgamana sy menangani nya,,,,?

Comment navigation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation