Supaya Bulu Kucing Ga Rontok Gimana?

Tanya:
kucing ku jenis persia, wajar atau ada cara nya agar ga rontok rontok amat.


Jawaban dari Rahmah :
kasih vit kucing nutri gel plus kucingku dl bulux sering rontok tp skrg sdh ngga rontok lg


Jawaban dari GrabbBy BeBeb :
mandikan secara teratur,kalau kucing persiaku 1 minggu sekali. jangan diberi makan ikan asin,dan kalau perlu kasih obat pencegah rambut kucing rontok.


Jawaban dari Amru :
Bulu rontok pada kucing adalah wajar, karena bulu-baru tumbuh setelah bulu-lama rontok. Tapi kalau bulu rontok sangat banyak dan bulu penggantinya tidak tumbuh juga, itu tidak wajar. Kucing bisa kelihatan kurang menarik dengan bulu yang jarang.
Penggunaan hairdryer yang teralalu panas atau terlalu sering juga bisa menyebabkan akar bulu menjadi tidak kuat, dan akhirnya banyak yang rontok.
Memberikan makanan yang baik dan benar adalah cara terbaik. Hindarkan makanan bergaram tinggi, atau makanan derivat susu, seperti keju dan mentega atau makan olahan lain sejenis itu.
Jangan paksakan kucing tampil menarik dan cantik, tapi hanya sesaat (misal menjelang show).
Kucing sehat adalah lebih menarik dari pada kucing yang cantik karena makanan-2 suplemen.


Jawaban Terbaik “Supaya Bulu Kucing Ga Rontok Gimana? ” dimiliki oleh formdoss

Begini,,
1. Menyisir bulu setiap hari. Ini bermanfaat untuk meluruhkan bulu-bulu mati sehingga tidak nenempel dan nyangkut pada bulu yang masih hidup. Bulu mati yang tidak terbuang akan menyebabkan bulu jadi kusut dan bisa menyebabkan gimbal. Selain itu bulu mati bisa menyebabkan hairball, yaitu gumpalan bulu dalam saluran pencernaan akibat bulu tertelan saat aktivitas self grooming ( menjilat-jilat bulunya). Hairball sangat berbahaya apabila tidak dapat dimuntahkan. Menyisir bulu juga memberi manfaat seperti memijat, sehingga merangsang / memperlancar peredaran darah.
2. Menyisir berlawanan arah pertumbuhan bulu. Sisir bulu mulai dari tengkuk kearah depan sedikit-demi sedikit sampai ujung ekor. Lakukan dengan pelan, lembut dan penuh perasaan sehingga kucing menikmati aktivitas ini. Gunakan sisir khusus terbuat dari bahan logam dan gigi sisir yang agak rapat.
3. Lap muka dan permukaan bulu agar kotoran yang ada terangkat. Lakukan hal ini sebelum disisir. Gunakan lap lembut yang lembab (washlap atau kanebo ).
4. Mandi dengan shampoo khusus untuk kucing setiap 2 minggu sekali. Lakukan aktivitas ini saat masih pagi dan cuaca cukup cerah ( kucing dalam kondisi fit ) sehingga kucing tidak kedinginan dan bulu cepat kering. Keringkan dengan baik agar kulit tidak lembab. Kondisi kulit lembab akan merangsang pertumbuhan jamur . Apabila sebelum 2 minggu kucing tampak kotor. Cukup dibersihkan dengan air hangat dan lap tanpa menggunakan shampoo. Aktivitas mandi yang terlalu sering berdampak buruk pada penampilan bulu dan kesehatan kulit jangka panjang, karena akan merusak lapisan lemak pada bulu dan kulit.