About these ads

Tanya: saya baru dkasih kucing sama sodara...
sepasang angora umur 3 bulan...
kata sodara saya sih minggu dpn udah boleh d vaksin...

berapa sih tarif vaksin dasar untuk kucing?
vaksin apa yg dperluin kucing umur 3 bulan?
apa kalau sedang d dokter hewan kita minta bersihkan telinga dan potong kukunya dkenakan biaya tambahan?

saya jg punya seekor kucing campuran kampung dan bengal jantan umur sekitar 2-2,5 thn, blm pernah dvaksin...

vaksin apa yg kira2 dbutuhkan kucing ini dan berapa kira2 harganya?


Jawaban dari Biyan : ,Vaksinasi Pada Kucing Print E-mail
Thursday, 31 July 2008

Vaksin dapat melindungi tubuh individu terhadap agen infeksi yang patogen secara primer, dengan membentuk antibodi, selain itu secara sekunder membentuk sistem cellular Mediated immunity (CMI) dan mendorong pembentukan antibodi lokal.

Dengan kata lain berfungsi mencegah virus atau penyakit.









Vaksin seperti itu, mampu mencegah timbulnya gejala, tetapi tidak mampu mencegah re-infeksi ditunjukkan oleh vaksin distemper, ICH, dan panleukopenia.

Vaksin yang hanya mampu mencegah gejala tanpa mampu mencegah terjadinya reinfeksi, ditunjukkan pada vaksin FVR (Feline Viral Rhinotracheitis). Vaksin tersebut hanya mampu mengatifkan kekebalan sellular dan mendorong pembentukkan antibodi lokal, hingga dapat berperan mencegah terjadinya infeksi.

Hambatan Vaksinasi Pada Kucing

Bermacam faktor berperan dalam penentuan keberhasilan suatu program vaksinasi. Faktor-faktor tersebut meliputi peran antibodi maternal, jenis vaksin, aplikasi vaksinasi, umur hewan, kondisi hewan saat vaksinasi, dan ada tidaknya penyakit lain saat vaksinasi.

A. Peran antibodi maternal

Antibodi yang dimiliki anak kucing berasal dari perolehan saat fetus dalam kandungan atau perolehan melalui kolostrum. Berdasarkan anatomi plasenta yang dimiliki kucing, dapat menjadi analisis bahwa 95% immunoglobulin telah diwariskan pada anak dibandingkan 100% yang dimiliki oleh induk. Dengan demikian anak kucing yang lahir dengan tidak mendapat kolostrum masih dapat bertahan terhadap infeksi dalam beberapa waktu, mengingat bahwa anak kucing mengandung 95% immunoglobulin.

Bila immunitas yang diterima dalam kandungan dan ditambah dengan immunitas yang diperoleh melalui kolostrum, maka anak yang dilahirkan tersebut dalam beberapa hari memiliki maternal immunity. Sistem immunitas yang terbentuk seperti diatas disebut juga immunitas pasif. Immunitas yang berbentuk immunoglobulin tersebut mampu bertahan 14-16 minggu. Pada beberapa minggu terakhir dari waktu yang telah disebutkan jumlah zat kebal sudah demikian rendah hingga anak kucing rentan terhadap infeksi. Penurunan zat kebal menurun karena pertambahan berat badan anak. Apabila pada umur 6-8 minggu anak kucing divaksin, mereka sudah mampu membentuk zat kebalnya secara aktif (Soebronto, 2006; Day, 2003; Viner, 1998).

B. Jenis vaksin yang digunakan

1. Vaksin yang dipersiapkan adalah antigen, baik itu virus maupun bakteri yang dilemahkan, melalui berbagai cara, antara lain dengan mempasasekan berulang kali pada hewan coba, sehingga memiliki sifat-sifat seperti berikut.

a. vaksin hanya mengandung relatif kecil antigen. Antigen yang masih hidup tersebut di diharapkan mampu memperbanyak diri didalam tubuh individu yang diinjeksi hingga menstimulasi pembentukkan antibodi.

b. Kesalahan dalam menyimpan atau memindahkan tempat akan dapat membunuh virus amupun bakteri. Perubahan suhu yang terlalu mendadak dan tinggi, sinar matahari dan ultraviolet, atau radiasi, dapat mematikan virus atau bakteri, atau dapat menurunkan potensi vaksin.

c. Vaksin mampu menghasilkan kekebalan yang lebih tinggi titernya dan lebih lama tinggal didalam tubuh.

2. Vaksin yang dipersiapkan dari organisme yang diinaktifkan atau dimatikan melalui berbagai cara, misalnya dipanaskan, atau ditambah bahan kimia, contohnya formalin. Jumlah organisme, virus atau bakteri, yang diinaktifkan jauh lebih banyak dibandingkan yang dilemahkan. Dengan matinya organisme, organisme tersebut akan terurai menjadi komponen-komponen penyusunnya. Vaksin yang dihasilkan dikenal sebagai vaksin inaktif atau â??killed vaccineâ?, memiliki sifat-sifat berikut. Vaksin yang dipersiapkan untuk bakteri yang diinaktifkan dikenal sebagai bakterin.

a. vaksin yang menggandung masa antigenik yang besar jumlahnya.

b. Vaksin menstimulasi pembentukkan antibodi dari individu yang divaksin.

Untuk perpanjangan immunitas, dan mengurangi jumlah organisme yang digunakan, vaksin inaktif dapat ditambah dengan adjuvant, hingga individu yang diinjeksi dapat membentuk antibodi yang lebih lama, dengan demikian frekuensi penyuntikkan dapat dengan mudah dikurangi. Ajuvant yang digunakan mungkin dapat berupa aluminium hidroksida, aluminium fosfat untuk mengadsorpsi antigen pelarut atau lanolin untuk mengemulsikan antigen, maupun β-propiolakton (Soebronto).

C. Cara atau aplikasi penggunaan vaksin

Kegagalan vaksinasi karena cara pemberian vaksin karena tidak mengikuti petunjuk penggunaan. Berdasarkan penggunaan pemakaian vaksin, vaksin campak (measles vaccine) harus diinjeksikan secara intramuscullar (IM). Vaksin distemper, ICH, panleukopenia, dapat disuntikkan secara intramuscullar ataupun subkutan (SC). Selanjutnya vaksin campak (measles vaccine) yang dikombinasikan dengan vaksin distemper harus diinjeksikan secara intramuscullar (IM), dan vaksin panleukopenia dan MLV-IN, dan feline calici viral disease MLV-IN hanya diberikan secara aerosol langsung kepada mucosa perna


Jawaban dari Ien_Moet : aQ udah


Jawaban Terbaik "Tentang Imunisasi Kucing...? " dimiliki oleh Kid

saya kasih vaksin biasanya setelah kitten lepas susu dari induknya (+/- umur 10 minggu), untuk ras maupun lokal vaksinnya sama.
istilahnya vaksin tricat atau tetracat kalo mau lebih lengkap ditambah vaksin rabies.

jangan lupa minta bukunya setelah vaksin, cek juga stikernya sudah ditempel ke buku atau belum (stiker dari botol obat), tanda tangan dokter dan tanggal berobat juga penting untuk jadwal vaksin ulang setahun kemudian.

biaya vaksin tricat tiap dokter beda" mulai dari 200-400 ribu.
kalo rabies dibawah 100 ribu. taripnya masih wajar namanya juga dagang 😀

untuk perawatan seperti potong kuku, mandi dll istilahnya grooming. biar kucingnya tambah bersih cantik wangi 🙂 bayarannya +- 50 ribu.

moga membantu :))

Tentang Imunisasi Kucing…?
About these ads