Tentang Kucing Kampung Yang Sakit ?

Tanya: kucing aku melahirkan, ada 3 anaknya. baru beberapa minggu sih… sudah hampir 2 hari dia sakit dan anaknya tidak di susui , sekarang anaknya lemas, yang 2 sudah sangat lemas , yang 1 lagi tidak terlalu,..
gimana nih nasib anaknya ? aku takut mereka pada mati, di kasih susu juga ga mau di minum (di kasi di plastik , ga di kenyot) mereka juga jadi pada kotor , bekas pup nya dan pasir pada nempel di bulunya,..
gimana ngatasinya ?


Jawaban Terbaik “Tentang Kucing Kampung Yang Sakit ? ” dimiliki oleh Surya

Jika hal ini terjadi, maka sudah tanggungjawab kamu utk menggantikan peran induk sebagai majikan yang baik^^. Merawat anak kucing tidak sulit koq, cuma butuh kerelaan sedikit waktu dan kesabaran^^

1. Makanan :

Susu tuk manusia boleh2 saja, tdk hrs susu anak bayi. Berikan susu bubuk, buat agak cair dan hangat. Utk pemberiannya kamu bisa gunakan pipet: [1] posisikan agak tidur di pangkuan kamu, [2] lalu masukkan susu melalui pipet ke mulutnya. Lakukan dgn porsi sekenyangnya saja, dgn frekuensi 5-6 kali sehari (bayi biasanya cepat kenyang dan cepat lapar, so kamu hrs sabar^^). Selama itu juga susu adalah makanan utmanya tidak perlu tambahan apapun.

NB:
– Jgn kasih susu kental manis krn tdk ada nutrisinya (hanya pemanis belaka)
– Sesudah pemberian susu, berikan sedikit air putih, tuk mencuci kerongkongan nya dari susu. Susu sangat lengket jd bisa bahaya, krn jika susu yg menumpuk di kerongkongan kucing bisa mengganggu pernapasan kucing.

Bayi kucing siap menerima makanan keras jika ia sudah bisa minum sendiri. Disini ia akan mulai tertarik dengan bau amis dan siap belajar makanan keras. Sesekali sodorkan daging ikan atau daging yang lunak, jika ia tertarik dan memakannya, maka ia sudah siap menerima makanan dlm bentuk padat. Berikan makanan padat yang dihaluskan dan secara bertahap hingga siap benar2 siap utk makan makanan padat seutuhnya.

2. Box
Kotak bisa menggunakan kardus bekas, atau kandang. Kotak tempat kucing hrs bersih selalu, lapisi kain tebal tuk alas tidur kucing, agar selalu hangat dan nyaman. Usia ini akan sering buang kotoran dlm bentuk cair, maka ganti lap mjd rutinitas (sehari sekali). Kotak yg tdk bersih menarik perhatian semut (kotoran kucing ini manis krn berbahan dasar susu)

Kotak sebaiknya diletakkan di indoor agar suhu tidak begitu dingin ketika malam hari. Jika keberatan di dalam rumah, bisa ditaruh di dapur, gudang ataupun garasi rumah^^

3. Memandikan anak kucing?
Normalnya anak kucing bisa dimandikan pada umur 3 bulan. Cara yg lebih baik adalah di lap dgn handuk basah, sedikit gosok bagian yg kotor, kemudian disisir^^

4. Melatih kebiasaan pup
Ketika kucing sudah bisa berjalan dan mengeluarkan pup padat dia sudah bisa dilatih tuk pup di tempat tertentu. Awal2nya dia akan pup sembarangan tetapi seiring waktu dia akan mencari tempat yg nyaman untuk bisa pup. Di masa2 ini kamu bisa melatihnya dgn memperkenalkannya dgn WC atau pun kotak pasir.

Ketika ingin pup biasanya anak kucing menjadi gusar, segera bawa dia ke WC/ kotak pasir. Dia akan mencoba mengenal bau dgn cara membaui/ mencium2. Jika merasa cocok dia akan segera BAB disitu. Jika sudah berhasil biasanya akan mudah utk melakukan pengulangan krn dia sudah mengenal baunya sendiri.^^

Semua kucing saya BAB di WC, tidak ada yg BAB di kotak pasir^^