Vaksin Kucing Persia Atau Anggora?

Tanya:
kucing hrs di vaksin brpa kali ? apa hrs sbulan skali ?
trus total biayanya brpa ? thx sblumx.


Jawaban dari Dion :
yang pertama dalam rencana pemvaksinasi kucing adalah memastikan kesehatan kucingnya, hal ini sangatlah penting agar vaksin bisa bekerja maksimal dalam membentuk antibodi..
semisal.. pastikan kucing lagi tidak dalam kondisi flu, atau cacingan.. hal ini bisa dikonsultasikan pada dokter hewan, sebelumnya..
tujuan utama pemberian vaksin adalah membentuk antibodi pada kucing setelah colostrum (antibodi alami) yang didapat dari asi induknya, sudah habis massanya dalam pembentukan antibodi alami.
vaksin sendiri gak dikuhusukan untuk ras kucing tertentu. baik lokal, ataupun domestik sama.

ada 2 vaksin utama yang terpenting bagi kucing yakni ;
1) vaksin tricat atau tetracat (tricat + chlamadya) chlamadya adalah flu dan
2) rabies..
dimana “tricat’ diperuntukan untuk penyakit Feline Rhinotracheitis Virus (FRV) virus ini menyebabkan rusaknya sistem saraf (kelumpuhan) , Feline Calicivirus Virus penyebab infeksi saluran pernapasan (ispa berat), dan Feline Panleukopenia Virus (FVP) penyebab distemper, penyakit pembunuh tercepat kucing (maksimal 3 hari kucing mati) dengan cara kerja virus yang menghancurkan usus kucing dan di indonesia belum ada dokter hewan yang berhasil menyembuhkan penyakit ini.
sedangkan rabies, diperuntukan rabies seperti halnya pada anjing..

vaksin tersebut sudah bisa diaplikasikan sejak kucing usia 2 bulan.. dan diawal vaksinasi, diulang sebanyak 3 kali.. yakni kucing usia 2 bulan vaksin tricat atau tetracat, kucing usia 3 bulan vaksin tricat atau tetracat, dan kucing usia 4 bulan vaksin tricat atau tetracat plus rabies.
setelah itu, baru 1 tahun sekali “tricat atau tetracat plus rabies”
makin dini kucing divaksin, maka semakin maksimal kerja vaksinnya..

dimana selain vaksinasi tricat itu, perlu juga ditambahkan vaksinasi untuk penyakit Feline Infectious Peritonitis (FIP) penyebab penumpukan cairan pada liver kucing dan Feline Infectious Virus (FIV) penyakita yang diibaratkan HIV pada kucing..
tujuan vaksinasi Feline Infectious Peritonitis (FIP) adalah, mencegah terjadinya Feline Infectious Peritonitis (FIP) type basah. dimana type basah tersebut, kucing belum ada yang bisa survive. dan seumur hidupnya tergantung dengan obat-obatan..
sedangkan Feline Infectious Virus (FIV) adalah mencegah penyankit ini datang ke kucing kita.. karena penyakit ini, seperti halnya HIV pada manusia, yang dimana selama ini belum ada obatnya..

mengenai harga.. per satu kali vaksin tricat berkisar 100-150 ribu dan vaksin rabies 140-160 ribu.
sedangkan vaksin tetracat 170-200 ribu..
untuk vaksinasi FIP berkisar 230-250 ribu..
barang tentu, setiap dokter hewan atau kota berbeda dalam menentukan tiap harga..

sedikit catatan..
untuk vaksinasi, mintalah buku catatan sebelum vaksinasi dilakukan pada dokter hewan bersangkutan yang tertandatangani.. karena dari hal ini, kita bisa mengetahui dari negara mana jenis vaksin tricat atau tetracat yang diberikan pada kucing kita beserta tanggal kadaluwarsanya
dan mintalah jadwal untuk booster pada dokter hewan yang bersangkutan.
dan pastikan, bahwa penyimpanan vaksinnya, tersimpan dilemri es dokter hewan tersebut (pegang botol kosongnya segera setelah vaksin berpndah ke syrenge)


Jawaban Terbaik “Vaksin Kucing Persia Atau Anggora? ” dimiliki oleh muhammad

kucing divaksin mulai umur 8 minggu,.lakukan pengulangan vaksin tiap tahun sekali,..