Hal-hal yang mempengaruhi Kesehatan kucing

Ada beberapa faktor penting saat memelihara kucing. Fakor ini dapat mempengaruhi kesehatan kucing, Jadi anda sebaiknya memperhatikannya:

Berikut beberapa diantaranya :

1. Sanitasi kandang kucing

Kandang yang baik sehat dan bersih akan membuat kucing betah disana. Pastikan kandang kucing maupun alat pendukungnya seperti tempat makan, tempat minum, tempat kotoran selalu bersih dan didesinfikasi secara berkala.

Cara membersihkannya ya seperti anda membersihkan pada umumnya. Sedangkan jika didesinfikasi silahkan gunakan trik berikut : Carilah cairan pemutih pakaian yang mengandung 0,17% sodium hiplorida (Bisa tanya kepada penjualnya atau lihat langsung pada kemasannya)

2. Keadaan Lingkungan

Memelihara kucing juga harus memperhatikan hal berikut :

  • Ukur kelambapan udara dengan hidrometer dan cari pada tempat sekitar 43% sampai 55%.
  • Suhu udara yang ideal : 21 C sampai 24 C
  • Dalam membuat kandang atau tempar kucing WAJIB mentediakan sirkulasi udara (ventilasi). Setidak-tidaknya 19 kali pergamtian udara.

3. Jangan over crowded

Apa itu over crowded? ialah dimana dalam satu kandang mengalami kelebihan kucing atau dengan kata lain terlalu banyak kucing yang berdiam disana.

Apakah ini gawat memelihara kucing seperti itu?

Tentu saja! selain melanggar HAK (Hak Asasi kucing) juga dengan berlebihnya kucing pada suatu tempat akan menyebabkan mudahnya penyakit menular. Dan Coba anda bayangkan bersama banyak orang berada pada suatu tempat yang sempit.

Nah begitu juga dengan si meong. Mereka akan stres. Jika sampai si meong stress otomatis akan menurunkan daya tahannya. Dan otomatis juga karena daya tahannya menurun dia akan rentan terhadap penyakit. Setelah sampai sakit anda pasti tahu kelanjutannya. Biaya kedokter mahal dan jika tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian.

Jadi Pastikan kandang kucing anda memperhatikan faktor-faktor diatas

16 Replies to “Hal-hal yang mempengaruhi Kesehatan kucing”

  1. aku mau tnya,,aku punya kucing persia.. baru-baru ini melahirkan.. bagaimana kL misalnya aku mandiin dia(iduknya)apa sebaiknya jgn dimandikan dulu ato bgmn..
    n dari yg aku baca, katanya bersihkan tali pusar anaknya ya.. tp aku justru di beri tau kalo anak kucing yg baru lahir g boleh dipegang, apa itu benar??jd harus bgmn?
    mkcy..^_^

    1. kucing aku jg dulu buluna rontok dan kutuan. trus aku bawa ke UMA PETSHOP, jl. Kaliurang km.8. Sama Dr. Uma disuntik kutu secara bertahap selama 5x, trus dikasih Nutri Gel tuk ngatasi bulu yg rontok. Sekarang Alhamdulillah kucingku dah ga kutuan lagi n jg buluna ga rontok. Coba aja kucingna dibawa kesana.

      Salam,
      Ayu

  2. Hay, aq punya kucing di rumah, semacam kucing lokal, aku bru kali ini boleh memelihrnya, aq ingn tanya kucingku pernah muntah2 tp muntahnya berbntk cairan, i2 kra2 knpa ya??
    Gmana cra mengtasinya

  3. haii, aku baru punya anak kucing..
    baru 4 hari, induknya banyak kutunya.. tp kayak ketombe gt kutunya.. bisa nular k anaknya ga yah?
    selain k DRH, ngilangin kutu nya bisa d lakuin d rmh gak?
    tks..

  4. Hai,aku fina aku mau tanya,
    Q punya kucing anggora ,
    Kucing q tuh mata’a kluar kotoran trus,jd’a berkerak .
    Trus bulu”a pun pda berdiri wlaw sdah d’sisir .
    bisa kasih info’a ga

  5. deny bandung,dirumah punya anakan anggora dia lincah nafsu makan lumayan oke,cuman nafasnya ngorok kt orang pilek obatnya apa ya…terus kenapa penyebabnya??sms in dong balesannya o22 61510681 trims.

  6. kucing saya memakan tikus mati yang diracun, tetapi badannya lemas, untuk mengobatinya bagaimana?
    tolong di balas yaaaaaa!!!!

  7. kucing saya jenis mix lokal dengan anggora..3 hari ini dia bersikap aneh yaitu suka takut liat orang baru, kalo sama saya ato orang2 yang dikenal dia biasa aja..tidak mau makan dan gemeteran..kenapa ya??

  8. mas, mau tanya ni
    kalau ada cairan kuning2 keluar dari pantat kucing itu artinya apa ya

Comments are closed.