Mengapa kucing lucu kita mengotori ruangan rumah

nampan-kucing

Banyak catlover yang mengalami satu masalah yang sama. Apa itu? tidak lain dan tidak bukan adalah saat kucing lucu mereka mengotori ruangan rumah. Apa penyebab kucing-kucing itu melakukan hal tersebut dan bagaimana kiat mengatasinya. Baca paragaf selanjutnya……

Baik itu kucing anggora, kucing manx, kucing maine coone semuanya sama saja masalahnya. Biasanya kucing lucu kita mengotori ruangan rumah, karena tidak ada nampan untuk membuang kotoran. Mungkin sebagian besar dari anda beranggapan kucing tidak memerlukan fasilitas itu.

“Mengapa juga saya harus menyiapkan nampan, jika kucing lucu saya dapat dengan bebas keluar masuk rumah untuk membuang kotoran. Itu hanya akan merepotkan saja

Memang benar anda tidak perlu nampan, jika kucing diberi kebebasan semacam itu. Namun jangan lupa  kucing lucu sekalipun juga terkadang malas keluar rumah. Dikarenakan cuaca dingin atau ada binatang lain yang menakutinya. Maka satu-satunya jalan dia mengeluarkan kotoran adalah di dalam rumah. Dan ini tidak bisa dicegah!

Maka daripada itu, nampan sangat penting supaya kucing dapat membuat kotoran.

Apalagi jika anda memelihara banyak kucing lucu. Maka harus ada minimal satu nampan membuang kotoran tiap kucing. Saya tegaskan “‘satu nampan per kucing”. Dan semua nampan ini harus diganti setiap hari bila digunakan kucing lucu kita untuk membuang kotoran.

Nampan untuk membuang kotoran haruslah cukup besar. Ukuran dari besar yang saya maksud adalah saat kucing dapat memutar badan dengan nyaman. Stabil, nampan juga tidak boleh goyang-goyang…karena jika tidak kucing lucu kita pasti akan merasa tidak nyaman.

Dalam pembuatan nampan untuk kucing ini bisa dibuat dari beberapa jenis bahan berikut

  • kulit kayu
  • serbuk gergaji
  • Pasir
  • Pelet (dari kertas yang didaur ulang)
  • Pelet penyerap (berupa butiran)
  • Senyawa pengharum (optional)

Yang perlu diperhatikan kucing biasanya akan merobek-robek kertas di sekitar nampan. Supaya si kucing lucu itu dapat menggali dan membuang kotorannya.

Pencegahan masalah pembuangan kotoran akan dibahas pada artikel yang akan datang. Jadi ikuti terus update blog kucing ini.

15 Replies to “Mengapa kucing lucu kita mengotori ruangan rumah”

  1. Kucing saya malah pinter mengherankan, kucing adopsi dari depan rumah.Tidak tahu brapa umurnya.sebulan dirumah saya melahirkan 5 ekor anak.Biasanya mrk saya beri kotak karton u tdr diteras. Suatu malam hujan deras teras tampiasan ujan saya masukkan keruang gudang didlm rumah. Pintunya pintu geser. Pagi hari saya kebelakang ditempat cucian saya bau kencing kucing, dan dilobang tutup gotnya ada pup kucing, rupanya si induk malam2 keluar, buka pintu geser dan pup dilobang buangan air cucian.Pinter ya, padahal kucing kampung tanpa dilatih, rupanya tahu diri…Sekarang msh dirumah saya,kalo pup tdk mau dihalaman tapi dijalanan.Hanya anak3nya yg saya latih di litter tray.

  2. kucing sy ba’ong namanya,dia kl malam selalu minta tidur di kmr.kl pintu kmr di tutup dia garuk2 pintu smbl nangis ngeang ngeong.

  3. aku suka kucing. masalahnya ada kucing jantan tetangga yang doyan ke rumah. dia nyerang kucing2 aku, hiks, sampai kucing2 di rumah ngotorin teras soalnya pup sembarangan (karena diserang). gimana dong?

    pengen bilang sama yang punya biar kucingnya dibuang aja, tapi g enak. mana tuh kucing suak kencing sembarangan lagi di rumah.

    biar aku suka kucing, tapi kalau bikin repot seisi rumah dan tetangga, jadi ngerasa g enak 🙁

    1. sama ma aku,aku punya 4skarang,sebelumnya aku punya 20 tp tmpt tinggalku jauh ma prumahan.tp 1thn ini aku pindah kontrak dprumahan dan aku punya masalah ma kucingku sering brantem ma pup dtaman tetanga,

Comments are closed.