Penyakit Mata Pada Kucing?

Tanya: Di rumah saya ada kucing yang punya penyakit, di sekitar matanya ada sesuatu seperti lendir, saya kira itu belek yang biasa kita bersihkan saat bangun tidur. Saya pernah mencoba membersihkannya, dari yang sudah kering juga masih baru. Apakah itu menular? Bagaimana tindakan pertama untuk mengatasinya?


Jawaban dari Eko M :


Jawaban Terbaik “Penyakit Mata Pada Kucing? ” dimiliki oleh Elitz

penyakit mata kucing sangat berbahaya terutama untuk anak – anak
sangat dianjurkan untuk selalu menghindari kontak langsung dengan anak-anak karna itu akan menyebabkan bercak putih di kelopak matanya dan bila tidak segera di tindak lanjuti, akan terjadi kesalahan yang sangat fatal yaitu kebutaan.

berikut adalah tips mencegah timbulnya penyakit pada kucing :

1 Jangan memberi makan hewan kesayangan Anda dengan daging jeroan dan tulang mentah. Beri makanan matang, yang bisa sekali habis. Sisa makanan akan menjadi basi dan sarang berkumpulnya kuman.

2 Air minum pun sebaiknya dimasak dahulu. Jangan biarkan air berhari-hari tanpa diganti. Waspadai kemungkinan tikus mengencingi air minum itu yang membawa penyakit leptospirosis.

3 Cegah kucing atau anjing Anda berburu tikus, burung, lalat, dan kecoa.

4 Bila hewan peliharaan Anda kucing, sediakan tempat kotoran berupa kotak berisi pasir. Tiga hari sekali, cuci pasir itu dan jemur sebelum dipakai lagi. Kucing adalah tuan rumah definitif parasit Toxoplasma gondii. Tempat kotoran tersebut sebaiknya dibersihkan setiap hari karena ookista tokso mungkin keluar bersama tinja yang bisa menginfeksi dalam waktu kurang lebih 1-3 hari. Bila tinja kucing Anda becek dan tidak padat, berarti dia sakit. Buanglah tinjanya di dalam lubang, siram dengan air panas lalu ditutup tanah.

5 Mandikan hewan peliharaan Anda secara teratur. Ada tiga jenis mandi, yakni mandi sehat sebanyak dua minggu sekali dengan shampo; mandi jamur dengan obat pembasmi jamur bila hewan Anda terserang jamur; dan mandi kutu dengan obat pembasmi kutu bila banyak kutu menempel di tubuhnya.